Sunday 27 November 2011

Prinsip Kerja Fisika Generator, Transformator dan Arus Pusar

Di fisika, pembelajaran kita tak cukup hanya dengan belajar rumus-rumus dan soal, fisika juga mempelajari cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan listrik, beberapa alat yang fisika pelajari seperti Generator dan Transformator. Generator adalah alat yang membantu kita apabila listrik PLN sedang padam. Nah, generator ini fungsinya untuk mengalirkan listrik. Penjelasan lengkap mengenai cara kerjanya dibwah ini:

    1.    GENERATORSuatu sistem yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan prinsip kerja berdasarkan peristiwa induksi (hukum Faraday). Besarnya GGL induksi yang timbul di dalam kumparan adalah:

    e = -N dF/dt dengan F = Fo cos wt ; dF/dt = wFo sin wt                    ; sehingga:

    e = e maks sin wt

    maks = N w Fo = N w A B
    2.   TRANSFORMATOR
    Yaitu Alat untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik. Prinsip kerja dari transformator itu bedasarkan pemindahan daya/energi listrik dari kumparan primer ke kumparan sekunder dengan cara induksi. 
    3.   ARUS PUSARArus yang timbul dalam suatu logam/penghantar yang bergerak di dalam medan magnet.Umumnya merugikan karena dapat menimbulkan kalor (kerugian energi), dapat dikurangi dengan memecah-mecah penghantar tersebut.
    Pemanfaatan arus pusar:

    1. Alat pemanas induksi
    2. Redaman elektromagnetik/rem magnetik

    Comments