Sunday 25 December 2011

Petir


Akhir-akhir ini di kota Palopo sering terjadi hujan yang cukup deras, kadang-kadang berlangsung sebentar tetapi tak jarang pula berlangsung sangat lama. Saya tidak terlalu menghawatirkan tentang hujan itu, yang berbehaya yaitu petir yang kadang menyambar dan guntur yang berbunyi sangat keras dan dapat memekakkan telinga. Maka dari itu, saya memberi ulasan sedikit tentang petir.



Petir adalah salah satu kejadian alam yang sangat indah. Petir juga merupakan fenomena alam akan ancaman kematian bagi manusia. Dengan temperatur sambaran melebihi panas permukaan matahari dan kekuatan benturan yang menyebar ke segala arah, petir merupakan pelajaran kejadian fisik ilmiah.

Prose terjadinya petir mengalami  2 proses berbeda yang menhasilkan proses ketiga. Prosesnya sebagaimana penjelasan berikut ini:

1. pada awan terjadi tumbukan antara molekul es dan air. hasilnya sebagian molekul bertegangan + (kehilangan elektron) dan sebagian bertegangan - (menerima elektron) karena bumi cenderung bermuatan + maka molekul bertegangan - berkumpul di bawah awan dan molekul bertegangan + berkumpul di atas awan.

2. di bumi seiring meningkatnya tegangan - pada bagian bawah awan, tegangan + pada bagian atas bumi meningkat.

3. kedua tegangan + dan - membentuk medan listik dan makin menguat dengan berkumpulnya awan seperti saat badai. dan saat kedua medan ini bertemu terjadi ionisasi pada udara sekitar medan listrik tersebut. membentuk jalur-jalur yang berpotensi lebih tinggi untuk dilalui elektron dari awan. saat ada jalur yang memiliki potensi 100 persen maka elektron berenergi ribuan volt meluncur dari awan ke bumi. memanaskan molekul udara hingga beberapa ribu derajat dan menghasilkan sinar yang sangat terang. persis seperti pada lampu neon. inilah yang disebut kilat. kilat ini kemudian diikuti dengan mengembangnya udara panas tadi kesegala arah. menerkan udara lain disekitarnya dan menghasilkan gelombang bunyi seperti ledakan. inilah yang disebut petir.

tergantung besarnya muatan yang ada pada awan 3 atau 4petir bisa menyambar pada tempat yang sama melalu jalur berbeda dalam hitungan mili detik.

CARA MENANGKAL PETIR YANG MUDAH

Penangkal petir bisa kita buat dengan menanam sebuah lempengan logam dalam tanah. Kemudian pada logam tersebut dihubungkan dengan sebuah kawat atau kabel. kabel tersebut kita ulur sampai mencapai tempat tertinggi di atap rumah kita. Dibagian ujung kawat kita hubungkan dengan suatu logam yang runcing.
Namun agar bila ketika petir menyambar rumah kita tidak terkena, kabel dan logam di atap tadi jangan sampai bersentuhan dengan tembok rumah kita. Bisa kita beri sekat
dengan plastik atau pipa paralon. Selamat mencoba….

Dengan cara tersebut diharapkan semoga kita dapat terhindar dari sambaran petir..
Semoga bermanfaat..

Comments