Wednesday 25 April 2012

Eratosthenes, Seorang yang dapat Mengukur Keliling Bumi

Eratosthenes, Seorang yang dapat Mengukur Keliling Bumi - Tahukah anda dengan orang yang bernama Eratosthenes,..???? Hahaha,, mungkian ada yang menjawab ya, dan ada juga menjawab tidak. Tapi saya yakin banyak diantara kita yang belum tahu, kalo begitu mari lihat siapakah Eratosthenes itu??(sssttt.., sedikit bocoran Eratosthenes seseorang yang dapat mengukur bumi loh)

Eratosthenes adalah seorang cendekiawan Yunani yang hidup di Alexandria, sebuah kota di Mesir. Dari pengamatan sederhana yang dilakukan, ia mampu mengukur ukuran seluruh planet. Eratosthenes tahu bahwa jarak luar biasa antara matahari bumi, sinarnya mencapai Alexandria dan Syene dalam berkas-berkas sinar sejajar yang berdampingan. Jika bumi datar maka bayangan akan lenyap di seluruh dunia pada tanggal 21 Juni.

Namun, ia memperkirakan karena bumi melengkung, tembok-tembok dan tiang-tiang di Alexandria sekitar 800 km sebelah utara Syene menonjol dari permukaan bumi dengan
sudut berbeda.Jadi pada tengah hari pertama musim panas, Eratosthenes menghitung bayangan yang ditimbulkan oleh tiang-tiang batu di luar museum. Karena ia tahu ketinggian tiangtiang batu itu, ia dapat membayangkan garis dari puncak tiang-tiang batu itu ke ujung
bayangan, membuat segitiga yang dapat dihitung. 

Setelah menggambar segitiga itu, Eratosthenes memakai rumus geometri sederhana untuk membuktikan puncak kemiringan tiang-tiang batu itu memiliki kemiringan dari Matahari sedikit di atas 70. karena tidak ada bayangan pada tengah hari di Syene di hari pertama musim panas, sudut di Syene 00, atau tidak ada sudut sama sekali. Hal ini berarti Alexandria berjarak 70 lebih sedikit dari Syene sepanjang keliling bumi. Semua lingkaran memiliki 3600, dan keliling bumi bukan perkecualian. Sudut 70 antara dua kota itu sekitar 1/50 lingkaran. Jadi Eratosthenes mengalikan jarak antara Syene dan Alexandria sekitar 800 km dengan angka 50, mendapatkan angka 40.000 untuk jarak keliling bumi. Para astronom modern menghitung keliling bumi tepatnya 40.061 km. Eratosthenes telah membuktikan dirinya sebagai cendekiawan kelas satu.

Sungguh luar biasa bukan, kini kita semau tahu siapa Eratosthenes sebenarnya. Semoga kita semua bisa meneladaninya. 
Eratosthenes, Seorang yang dapat Mengukur Keliling Bumi
Comments