Saturday 7 April 2012

Fakta tentang Planet Mars


Kita semua tentunya tahu tentang planet yang satu ini. Ya. Planet Mars merupakan 1 diantara 9 planet yang beredar mengelilingi Matahari di sistem tata surya kita dan merupakan planet terjauh keempat dari Matahari. Berikut fakta menarik tentang planet Mars.

Mars adalah sebuah planet berkerikil yang dianggap sangat mirip dengan bumi. Seperti planet terestrial lainnya (Merkurius, Venus, dan Bumi) permukaannya telah diubah oleh vulkanisme, gerakan kerak, dan efek atmosfer seperti badai debu.
Mars memiliki es di kutub yang tumbuh dan surut dengan pergantian musim, wilayah tanah berlapis dekat kutub Mars menunjukkan bahwa iklim planet telah berubah lebih dari sekali, mungkin disebabkan oleh perubahan reguler di orbit planet.

Fakta fakta tentang Planet Mars
Planet Mars
Mars tectonism, pembentukan dan perubahan kerak planet, berbeda dari Bumi. Dimana tektonik bumi melibatkan pergeseran geser lempengan yang menggiling terhadap satu sama lain atau tersebar terpisah di seafloors, tektonik Mars tampaknya vertikal, dengan mendorong lahar panas ke atas melalui kerak ke permukaan.

Fakta fakta tentang Planet Mars
Secara berkala, badai debu besar menelan seluruh planet. Dampak dari badai yang dramatis, termasuk bukit-bukit pasir raksasa, coretan angin, dan angin-ukiran fitur.


Fakta fakta tentang Planet MarsAir di Mars?
Para ilmuwan percaya bahwa 3,5 miliar tahun lalu, Mars mengalami banjir terbesar yang diketahui di tata surya. Air ini bahkan mungkin telah dikumpulkan menjadi danau atau laut dangkal. Tapi di mana banjir kuno berasal, berapa lama lalu, dan kemana perginya air?
Saat ini, Mars terlalu dingin dan suasana yang terlalu tipis untuk memungkinkan air cair ada di permukaan lama. Ada air es dekat dengan permukaan dan lebih banyak air beku di es kutub, tetapi jumlah air yang dibutuhkan untuk mengukir saluran besar Mars dan dataran banjir tidak jelas di atau dekat-permukaan saat ini. Gambar dari pesawat luar angkasa Mars NASA global Surveyor menunjukkan bahwa cadangan tanah air dapat menembus permukaan sebagai mata air. Jawabannya mungkin terletak jauh di bawah tanah merah Mars.
Mengungkap kisah air di Mars adalah penting untuk membuka iklim masa lalu sejarah, yang akan membantu kita memahami evolusi dari semua planet, termasuk kita sendiri. Air juga diyakini bahan pusat untuk inisiasi kehidupan; bukti air masa lalu atau sekarang di Mars diperkirakan akan memegang petunjuk tentang kehidupan masa lalu atau sekarang di Mars, serta potensi kehidupan di tempat lain di alam semesta. Dan, sebelum manusia aman bisa pergi ke Mars, kita perlu tahu lebih banyak tentang lingkungan planet, termasuk ketersediaan sumber daya seperti air.

Gunung, Bulan, dan Lainnya.
Fakta fakta tentang Planet MarsMars memiliki beberapa karakteristik geologi yang luar biasa, termasuk gunung berapi terbesar di tata surya, Olympus Mons, gunung berapi di wilayah utara Tharsis yang begitu besar kebulatan mereka merusak planet, dan sebuah lembah raksasa keretakan khatulistiwa, Marineris Valles. Sistem ngarai membentang jarak setara dengan jarak dari New York ke Los Angeles, Arizona Grand Canyon dengan mudah bisa masuk ke salah satu sisi ngarai ini jurang besar.
Fakta fakta tentang Planet MarsMars juga memiliki dua bulan kecil, Phobos dan Deimos. Meskipun tidak ada yang tahu bagaimana mereka terbentuk, mereka mungkin asteroid dijerat oleh gravitasi Mars.
Para ilmuwan menemukan bukti baru bahwa ada aliran air asin di planet Mars. Penemuan ini membuka kemungkinan akan adanya mahkluk hidup yang mendiami planet merah tersebut.
Penemuan ini disampaikan oleh NASA, dilansir dari laman CNN, Kamis, 4 Agustus 2011. Alfred McEwen, ketua tim observasi Mars, mengatakan kamera HiRISE di satelit pemantau Mars milik NASA menemukan adanya aliran air pada cekungan yang muncul di musim semi.
McEwen mengatakan aliran air ini ditemukan di hemisfer selatan ekuator Mars, yang temperaturnya cocok untuk aliran air. Alirannya sangat kecil, seukuran jari manusia. Diperkirakan air ini adalah air asin, karena pada penelitian sebelumnya, wilayah ini dilapisi oleh zat garam. Ditemukan tujuh aliran air di Mars, diperkirakan masih terdapat sekitar 20-30 lagi yang belum ditemukan.
Penemuan ini menimbulkan berbagai spekulasi baru mengenai adanya mahkluk hidup di Mars. Ahli astrobiologi dari universitas London, Lewis Dartnell, mengatakan cairan itu penting bagi mahkluk hidup. Contohnya saja di bumi, air menjadi sumber penghidupan bagi banyak organisme.

Hal menarik lainnya tentang adanya kehidupan di Planet Mars
Yang ini banyak ditemui di google, Monumen Cydonia yang berbentuk seperti wajah dan pentagram, konon katanya ini dulu sebuah "kota"


Kalo yg ini diambil dari hasil pemotretan satelit yg mengorbit di atas MARS, sebuah objek seperti Tugu/monumen berbentuk persegi berdiri tegak

Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca.
sumber : kaskus.us/showthread.php?t=9999726
Comments