Gugus Fungsi Senyawa Karbon Kimia

azhar al

Materi tentang gugus fungsi senyawa karbon kimia ini, akan kita dapatkan di kelas XII SMA, dengan judul bab yaitu Gugus Fungsi Senyawa Karbon. Tahukah kamu yang dusebut dengan gugus fungsi? Mengapa gugus fungsi sangat berperan menentukan sifat suatu senyawa.? Nah, kalau pada belum tau, berikut sedikit penjelasannya.

Gugus fungsi merupakan bagian aktif dari senyawa karbon yang menentukan sifat-sifat senyawa karbon.

Gugus fungsi tersebut berupa ikatan karbon rangkap dua, ikatan karbon rangkap tiga, dan atom/ gugus atom. Meskipun senyawa-senyawa karbon mempunyai unsure dasar sama yaitu karbon, tetapi sifat-sifatnya jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh gugus fungsi yang diikat berbeda. Senyawa-senyawa karbon yang mempunyai gugus fungsional yang sama dikelompokkan dalam satu golongan

Tabel Beberapa Gugus Fungsi Senyawa karbon.
GugusNama GugusTerdapat pada SenyawaContoh
-OH
-O-
-CHO
-CO
-COOH
-COO-
Hidroksi
Oksi
Aldehid
Karbonil
Karboksil
Alkil-alkanoat
Alcohol
Alkoksi alkana
Alkanal
Alkanon
Asam alkanoat
Ester
C 2 H 5 OH
C 2 H 5 -O- C 2 H 5
CH 3 -CHO
CH 3 -CO- CH 3
C 2 H 5 -COOH
C 2 H 5 -COOC 2 H 5

Penjelasan: 

ALKOHOL
 

Alkohol merupakan kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus fungsi hidroksil (-OH) dengan rumus umum R-OH atau CnH2n+1OH. Senyawa ini mempunyai nama IUPAC alkanol karena dianggap sebagai urutan alkana dengan mensubstitusi satu atom H dengan gugus –OH.



ETER
 

Eter atau nama resminya berdasarkan aturan IUPAC alkoksi alkana, yang dianggap sebagai turunan alkana, mempunyai rumus umum R-O-R’ atau CnH2n+2O. Bila R=R’ disebut eter sederhana, sedangkan bila R bukan R’ disebut eter majemuk.

ALDEHID

Aldehid termasuk senyawa karbonil (-C=O). Aldehid merupakan singkatan dari alkohol dehidrogenatus. Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO.Aldehid dapat diperoleh dengan jalan oksidasi alkohol primer


KETON


Keton atau alkanon termasuk senyawa karbonil (-C=O). Senyawa ini dianggap turunan dari alkana sehingga disebut alkanal dan mempunyai rumus umum CnH2nO. Seperti halnya eter, R yang sama dengan R’ disebut katon sederhana, sedangkan R yang tidak sama dengan R’ disebut keton majemuk.

ASAM KARBOKSILAT


Asam karboksilat atau Alkanoat memiliki rumus umum CnH2nO2 atau R-COOH. Gugus karboksilat (-COOH) merupakan gabungan dari gugus karbonil dan hidroksil. Senyawa ini dianggap turunan alkana dan diberi nama asam alkanoat atau dengan nama yang lebih lama, asam alkana karboksilat.

ESTER


Golongan Ester memiliki rumus umum CnH2nO2 atau R-COO-R’. Nama IUPAC dari ester adalah alkyl alkanoat. Kebanyakan senyawa ester berbau harum, karena itu banyak digunakan sebagai pengharum (esens). Ester dibuat dari asam dan alkohol melalui reaksi esterifikasi yang berupa reaksi setimbang.

Yah, demikian postingan kali ini mengenai  Gugus Fungsi Senyawa Karbon Kimia. Tapi masih banyak postingan lainnya mengenai pelajaran kimia dari kami. Jika ada uneg-uneg, pertanyaan atau yang lainnya, silahkan tinggalkan komentar di bawah.