Tuesday 3 April 2012

Perbedaan Wanita dan Pria dari Segi Otak



Ternyata ada perbedaan didalam otak Pria dan Wanita yang kemudian membuat perbedaan dalam hal perilaku dan sifat diantara kedua insan ciptaan Tuhan ini. hehehhe..
Pria suka memanipulasi benda secara logis maupun abstrak


Pada otak cowok cenderung berkembang dan punya spasial (ruang) lebih kompleks yang salah satunya punya kemampuan perancangan mekanis, menentukan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Jadi nggak heran kalau kaum cowok suka banyak yang suka banget hobi mengutak-atik kendaraan dan benda yang ada hubungannya sama mesin.



Untuk Multi Tasking Cowok tidak sebaik cewek
Umumnya di daerah yang namanya korteks pada otak cowok banyak terpakai untuk melakukan fungsi spasial dan sedikit di korteksnya ini untuk memproduksi kata-kata. Sekumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan (corpus collosum) di otak cowok lebih kecil ketimbang otak cewek.
Makanya cowok cenderung sering menggunakan otak kanan saja sedangkan cewek bisa menggunakan otak kanan-kirinya secara maksimal sehingga cewek lebih banyak menggunakan omongan atau dengan kata lainnya cerewet ketimbang cowok. Sebuah penelitian mengatakan, cewek bisa menggunakan sekitar 20 ribu kata per hari, sedangkan cowok cuma 7 ribu.
Nggak cuma itu, cewek cenderung yang bisa menggunakan otaknya sehingga fokus pada dua pekerjaan sekaligus atau memaksimalkan multi tasking-nya. Untuk cowok cenderung kurang nyadar (cuek) ketika sedang asyik kerja atau ngejalanin hobinya.


Cowok lebih cepet emosi
Di otak cewek banyak mengandung bahan kimia yang namanya serotonin sehingga bikin bersikap tenang. Makannya cewek terkadang lebih kalem kalau lagi menanggapi ancaman yang ada hubungannya sama fisik, beda sama cowok yang gampang emosi.
Selain itu juga otak cowok punya kandungan oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Zat ini punya pengaruh kecenderungan biologis otak cowok untuk nggak dulu melakukan sesuatu ketimbang bicara, inilah bedanya sama cewek.

Cowok ibarat Harddisk 60gb,cewek ibarat harddisk500gb 
Memori atau daya ingat cewek lebih besar daripada cowok. Makannya cowok sering lupa sama janjinya untuk ngedate atau ada yang kurang sama penampilannya. Beda sama cewek yang selalu ingat hal yang paling detail sekalipun, khususnya soal penampilan.

Walaupun lebih tenang,wanita lebih cepat stress dibanding pria
Dalam urusan stress tentu kita dapat tahu bahwa pria lebih tahan dalam kondisi stres dibandingkan wanita, begitu pula dengan hal-hal yang berhubungan dengan emosi seperti menangis, tertawa, gembira, sedih, terharu dll. Sebaliknya, wanita sangat rentan dilanda stres dan mudah terhanyut oleh suasana

Gambar Otak Cowok dan Cewek
COWOK



CEWEK



Kalau ambil kesimpulan:
1. Pada dasarnya pria dan wanita berbeda dalam cara berpikir, menanggapi, bertindak dll. Perbedaan ini dapat saling melengkapi, tetapi amat sering menimbulkan konflik dalam hubungan.
2. Wanita lebih banyak memakai perasaan, sedangkan pria cenderung berpikir logis.
3. Dalam berbicara, wanita akan mengekspresikan apa yang dirasakan, sedangkan pria menyatakan apa yang dipikirkannya.
4. Perkataan yang didengar wanita merupakan pengalaman emosional, sedangkan pria menerimanya sebagai informasi.
5. Wanita cenderung melihat segala sesuatu dari sudud pandang pribadi (subjektif), sedangkan pria tidak banyak terpengaruh oleh perasaan pribadinya (objektif).
6. Wanita tertarik pada hal-hal detil, pria lebih tertarik pada hal-hal prinsip, abstrak dan filosofis.
7. Dalam hal materi, wanita cenderung hanya melihat tujuan, tetapi pria ingin tahu lebih detil bagaimana mencapainya.
8. Dalam hal-hal rohani atau abstrak, yang terjadi adalah sebaliknya. Pria melihat tujuan, sedangkan wanita ingin tahu bagaimana mencapainya.
9. Pria seumpama lemari arsip. Mereka menerima persoalan, memasukkannya ke dalam map dan mengunci lacinya. Wanita seperti komputer, pikiran mereka terus dan terus bekerja sampai persoalan selesai.
10. Bagi wanita, rumah adalah tempat ia mengembangkan kepribadian, bagi pria, dalam pekerjaanlah ia mengembangkan kepribadiannya.
11. Wanita memiliki kebutuhan besar untuk merasa aman dan berakar, pria lebih berjiwa petualang.
12. Wanita cenderung merasa bersalah, pria cenderung mengungkapkan amarah.
13. Pria lebih stabil dan mantap, wanita lebih mudah berubah.
14. Wanita lebih mudah dan cepat melibatkan diri, pria cenderung berpikir dan menimbang-nimbang.
15. Pria harus diberitahu berulang-ulang, wanita tak mudah lupa.!
16. Pria cenderung hanya mengingat inti persoalan, wanita cenderung mengingat penjabaran dan pengembangan persoalan.

TAPI INGAT :
1. Wanita membutuhkan perhatian, dan pria membutuhkan kepercayaan.
2. Wanita membutuhkan pengertian, dan pria membutuhkan penerimaan.
3. Wanita membutuhkan rasa hormat, dan pria membutuhkan penghargaan.
4. Wanita membutuhkan kesetiaan, dan pria membutuhkan kekaguman.
5. Wanita membutuhkan penegasan, dan pria membutuhkan persetujuan.
6. Wanita membutuhkan jaminan, dan pria membutuhkan dorongan
Comments