Tuesday 24 April 2012

Tabel Besaran Pokok dan Besaran Turunan



Besaran itu adalah segala sesuatu yang dapat diukur atau dihitung,  dan dinyatakan dengan angka dan mempunyai satuan.
Dari penjelasan ini kita dapat menarik kesimpulan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan sebagai besaran harus mempunyai 3 syarat yaitu
1.    harus dapat diukur atau dihitung
2.   dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
3.  mempunyai satuan (jadi, ternyata tidak semua hal itu besaran, hehhe)
Lihat pada poin ke-3 diatas, ternyata harus punya satuan, (nah apa lagi tuh.!!). Berikut penjelasannya:
Satuan didefinisikan sebagai pembanding dalam suatu pengukuran besaran. Setiap besaran mempunyai satuan masing-masing, tidak mungkin dalam 2 besaran yang berbeda mempunyai satuan yang sama.

Apa bila ada dua besaran berbeda kemudian mempunyai satuan sama maka besaran itu pada hakekatnya adalah sama. Sebagai contoh Gaya (F) mempunyai satuan Newton dan Berat (w) mempunyai satuan Newton. Besaran ini kelihatannya berbeda tetapi sesungguhnya besaran ini sama yaitu besaran turunan gaya.

A. Besaran Pokok
Besaran Pokok adalah besaran yang ditentukan lebih dulu berdasarkan kesepatan para ahli fisika. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu Panjang (m), Massa (kg), Waktu (s), Suhu (K), Kuat Arus Listrik (A), Intensitas Cahaya (cd), dan Jumlah Zat (mol). Besaran pokok mempunyai ciri khusus antara lain diperoleh dari pengukuran langsung, mempunyai satu satuan (tidak satuan ganda), dan ditetapkan terlebih dahulu.


Tabel Besaran Pokok
Tabel Besaran Pokok

Tabel diatas berisi tentang besaran pokok yang kita kenal dalam pengukuran fisika (klik gambar untuk meperbesar)

B. Besaran Turunan
Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran ini ada banyak macamnya sebagai contoh gaya (N) diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu. Volume (meter kubik) diturunkan dari besaran pokok panjang, dan lain-lain. 
Besaran turunan ini mempunyai ciri khusus antara lain : diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok.

Berikut ini kami sajikan tabel besaran turunan. (klik untuk memperbesar)
Tabel Besaran Turunan

Cukup mudah bukan untuk memelajari Besaran Pokok dan Besaran Turunan, saya yakin kalian bisa memahaminya. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar.
Comments