Sunday 8 April 2012

Tips Menentukan Berat Badan Ideal




Tips Menentukan Berat Badan IdealBerat badan adalah sebuah masalah dunia modern. Jika dulu, berat badan adalah cermin kemakmuran, sekarang berat badan, adalah cerminan pola hidup tidak sehat/teratur, resiko tinggi menderita berbagai benyakit, serta berpengaruh pada penampilan dan gaya seseorang. Seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebih, merasa dirinya tidak seksi, tidak sehat dan tidak menarik secara fisik..
Karena zaman yang menuntut seseorang yang terlihat langsing akan percaya diri dengan penampilannya. Bahkan banyak wanita berusaha membuat tubuhnya selangsing mungkin, padahal dia sudah mengalami anoreksi nervosa, sebuah gangguan pola makan, karena keinginannya yang keras menjaga berat badannya. Bahkan seorang yang mengalami anoreksia nervosa, jika dilihat dari segi medis, sudah sangat membahayakan dirinya, seperti berat badannya yang tidak normal, kurus, dan tidak ada konsumsi karbohidrat, karena takut berat badannya bertambah.
Tahukah anda, berat badan ideal yang sebenarnya? Antara berat badan ideal, sebenarnya tergantung dengan tinggi badan anda. Jadi berat badan ideal berbeda-beda sesuai dengan tinggi badan seseorang.
Tips Menentukan Berat Badan Ideal, sebenarnya sangat mudah. Tinggal anda menghitung dengan rumus dibawah ini:
(TB – 100) – ((TB – 100)10%) = … kg ---- >>> Inilah adalah rumus menentukan berat badan ideal
Keterangan:
TB = Tinggi Badan
Cara menghitungnya seperti ini:
Misalkan anda mempunyai tinggi badan 170cm, maka berat badan yang ideal bagi anda adalah:
Berat badan terendah
= (170cm – 100) – ((170 – 100)10%)
= 70 – (70(10%))
= 70 – 7
= 63kg
Berat badan tertinggi
= (170cm – 100) + ((170 – 100)10%)
= 70 + (70(10%))
= 70 + 7
= 77 kg
Jadi berat badan ideal bagi seseorang yang mempunyai tinggi badan 170cm adalah antara 63kg sampai 77kg.
Silahkan ukur berat badan anda dengan Tips Menentukan Berat Badan Ideal,  apakah anda masih berada pada batas ideal atau mengalami obesitas (kegemukan), atau berat badan anda dibawah standar normal. 

Comments