Sunday 29 July 2012

Tips Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak


tips meningkatkan daya ingat 150x150 Tips: Teknik Cara Meningkatkan Daya Ingat, Harus dicobaOtak merupakan bagian yang teramat penting didalam hidup kita ini, dikarenakan semua hal yang kita lakukan berhubungan dengan otak. Selain itu, otak kita merupakan tempat penyimpanan memori, semua memori kita selama hidup tersimpan di otak. Namun seiring bertambahnya usia daya ingat otak kita akan berkurang, nah, karena itu kali ini akan saya berikan tips untuk meningkatkan daya ingat:

1. Latih kemampuan mengamati
Cobalah untuk lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Rekam dalam pikiran apa yang Anda lihat, mulai dari yang paling sederhana dan diteruskan dengan observasi yang lebih rumit.

2. Asah kemampuan indera. 
Cobalah untuk lebih peka terhadap benda-benda disekitar, cobalah untuk menutup mata anda kemudian raba benda di sekitar anda dan coba tebak benda apakah itu.

3. Hafalkan nama teman-teman dan pasangkan nomor teleponnya.
Sekali-kali coba ingatlah nama dan nomor teman anda dan pasangkan keduanya

4. Pelajari sesuatu yang baru.
Banyak membaca dan berkenalan dengan hal-hal lain yang mungkin bukan bidang Anda, bisa bahasa asing, pengetahuan tentang komputer, dan lain-lain. Selain itu pergunakan media internet untuk belajar hal-hal baru.

5. Gunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak.
Misalnya bermain gitar, mengetik tanpa melihat tuts, mengerjakan prakarya dari kayu, atau berlatih menulis halus.

6. Tekuni hobi.

Jika punya hobi, silahkan kembangkan hobi anda tersebut. Misalnya hobi mendengarkan musik, cobalah untuk mengingat judul musik dan pasangkan dengan penyanyi dan tahun terbitnya musik tersebut.

7. Pelajari dan hafalkan tanggal-tanggal penting, menyangkut anggota keluarga, teman, atau perayaan tertentu.
Coba ingat-ingat ulang tahun teman-teman spesial anda, berapa banyak yang bisa kamu ingat.?

blogger cerdas Cara Membuat Otak Lebih Cemerlang (Alami) 8. Hafalkan sesuatu yang Anda sukai.
Bisa jadi itu puisi, lagu, kalimat dari sebuah buku atau kata-kata seseorang. Sebisa mungkin juga usahakan agar kalimat yang digunakan adalah bahasa asing.

9. Latihan menghafal urutan angka berderet panjang, misalnya 197245651289074. 

Ini adalah bentuk latihan memperbaiki daya ingat jangka pendek. Lakukan dengan mengelompokkan atau memecah bilangan itu menjadi beberapa bagian, misalnya 19724 kemudian 56512 dan terakhir 89074.

10. Ingat perjalanan pribadi. 
Apa yang sedang Anda kerjakan satu jam lalu, minggu lalu pada hari Minggu pukul 10.00, misalnya. Dengan siapa, di mana, dan seterusnya.

11. Ingat dan teliti ulang pengeluaran harian. 
Apa yang Anda beli kemarin? Berapa uang yang ada dalam dompet Anda sekarang? Kapan Anda terakhir mengambil uang tunai, dan seterusnya.
Latihan-latihan ini akan memungkinkan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antarsel otak semakin rapat. Kegiatan mental yang menantang meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau sinapsis dalam otak. Semakin banyak sirkuit, semakin banyak asosiasi, makin besar pula kemampuan mengingat.
Selamat mencoba.!!

Comments