Friday 5 October 2012

Cara Mengobati Batuk Secara Alami



Cara Mengobati Batuk Secara Alami - Batuk, penyakit yang satu ini sering melanda manusia mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa pernah mengalaminya. Batuk yang dialami oleh kebanyakan orang adalah batuk pilek, ada yang berdahak dan tidak berdahak. Batuk ini disebabkan oleh bakteri dan virus. Kebanyakan batuk ini menyerang manusia ketika musim hujan dan pancaroba. Bagaimana cara mengobati batuk? Selain dengan obat dari bahan kimia, ternyata anda juga bisa menggunakan bahan alami yang juga sudah teruji khasiatnya untuk mengobati batuk. Berikut beberapa bahan alami dan tips cara mengobati batuk secara alami


·         Air hangat. Siapkan air hangat di pagi hari, jangan terlalu panas. Ketika anda bangun tidur dipagi hari minumlah segelas air hangat untuk menyegarkan tenggorokan anda.
·        Susu madu. Siapkan susu segar hangat, lalu tambahkan madu 1 sendok makan. Kemudian minum sampai habis lalu lanjutkan dengan istirahat. Madu memiliki efek anti bakteri dan susu memperbaiki daya tahan tubuh.
·        Kecap jeruk nipis. Ini merupakan resep paling umum yang telah dikenal oleh masyarakat. Fungsinya selain mengencerkan dahak, juga meredakan batuk. Caranya, peras setengah jeruk nipis, campurkan dengan 1 sendok kecap manis, lalu minum. Ulangi beberapa kali sehari untuk mengobati batuk kamu.
·        Jahe. Efek hangat pada jahe membuat dada yang sesak dapat lega sejenak. Juga mengurangi sensitifitas paru hingga tak terlalu sering bereaksi batuk. Caranya cukup kupas jahe secukupnya, bersihkan, lalu memarkan dan seduh dengan air panas. Minum 2-3 kali sehari.
·        Madu jeruk nipis. Campurkan madu dengan sedikit air hangat, lalu peras jeruk nipis di dalamnya. Minum 2-3 kali sehari.
·        Kencur. Kencur pun mampu menghilangkan batuk secara alami. Caranya bersihkan 1 ruas kencur, lalu kunyah dan telan. Jangan minum air setelahnya, agar khasiat kencur dapat meresap di paru-paru.
     Bahan-bahan alami untuk mengobati batuk cukup mudah bukan untuk didapat, silahkan mencoba sendiri dirumah cara mengobati batuk secara alami ini.

Comments