Saturday 6 October 2012

Pengertian RAM dan Harddisk




Pengertian RAM dan Harddisk - RAM dan Harddisk merupakan salah satu komponen utama dan terpenting di dalam komputer, tapi saya yakin tak semua dari kita tahu Pengertian RAM dan Harddisk oleh karena itu garda pengetahuan akan sedikit menjelaskan mengenai RAM dan harddisk.

TIK, Apa itu RAM dan Hardisk
1. RAM (Random Acces Memory)
Komputer yang canggih tentu harus memiliki memori yang berkapasitas besar. Apa itu memori? Memori adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum dan sesudah diproses oleh prosesor. informasi tersebut dapat berbentuk peritah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori. Lalu, apa itu RAM? RAM adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program. Satuan ukuran kemampuan sebuah memori penyimpanan informasi disebut byte. Saat ini, kemampuan memori untuk menyimpan informasi yang paling tinggi beredar di pasaran telah mencapai 3 gigabyte. Kemampuan ini akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi komputer.

TIK, Apa itu RAM dan Hardisk 2. HarddiskHarddisk merupakan media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk dapat menyimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan data ke harddisk.
Setiap komputer/laptop pasti mempunyai harddisk yang digunakan hanya untuk satu komputer saja. Oleh karena itu, harddisk tidak dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain, kecuali kita ingin membongkar perangkat yang terdapat di komputer.
Dilihat dari kemampuan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, maka harddisk yang merupakan media penyimpanan yang paling murah. Selain itu, akses data ke harddisk adalah yang tercepat dibandingkan tempat penyimpanan yang lain.

Sudah paham bukan, jika ada pertanyaan seputar Pengertian RAM dan Harddisk silahkan tuangkan di kotak komentar.


Comments