Sunday 25 November 2012

Aku Blogger Makassar dan Ini Tulisan Ku “ji” Sendiri


(Aku, Blogger Nusantara, dan Makassar Bisa Tonji). Wah, pertama kali saya baca tema lomba blog ini dari bloggernusantara.com langsung saya geleng-geleng kepala ala anak dugem hehe, dan satu hal yang terpikir di benakku adalah “saya mau buat tulisan apa nih, temanya aneh gitu, hehe”, tapi yang jelas akhirnya tulisan ku ini bisa ji juga jadi. Eh tunggu dulu paham tidak arti kata “ji” itu sendiri yang ada pada tema (tonji)?


Kalau saya sih jujur dari lubuk hati yang terdalam, meskipun saya orang Sulawesi selatan asli tapi saya tidak pernah tahu tuh arti kata “ji” soalnya mungkin di om Google juga tdk ada tuh (hehe). Tapi kayaknya sih, kata “ji” itu mungkin sama seperti To Be dalam bahasa inggris (nah loh, kok bisa, hahah) Begini nih, kan kalau dalam bahasa inggris kata to be (am, are, is) itu kan sering berpasangan dengan subjeknya seperti (I, You, They, We, He, She, It), eh tunggu dulu kok jadi menyeleweng ke pelajaran bahas inggris yah, hahaha. (promosi dikit nih sobat, saya mahasiswa fisika kelas bilingual dari Universitas Negeri Makassar, jadi ilmuku ada sedikit lah tentang bahasa inggris, meskipun tidak banyak-banyak amat), ok.ok kembali ke topik kalau kata you kan  biasanya pasangannya are jadinya you are monkey (haha), nah kalau kata “ji” biasanya disisipkan pada kata-kata seperti, :
1.    Iye ji!
2.    mau ji?
3.    kita beli ji kah?,
4.    Tidak mau ji ki?. (loh kata “ki” itu apaan lagi?) bahasa Makassar itu memang aneh bin ajaib sobat, hehe. Kata “ki” itu maksudnya adalah “kita”, bahasa ini digunakan sebagai sapaan yang lebih sopan dari pada penggunaan kata “ko”. Karena kata “ko” kurang sopan untu digunakan, terutama kepada yang lebih tua. Nah, biasanya beberapa orang Makassar dan Sulawesi pada umumnya menyisipkan kata “ko” dalam percakan sehari-hari dalam kata-kata seperti:
1. Mau ko kemana?
2. Ko ambil bukuku tadi?
          3. Jangan ko sombong sekali! (ciah, kata-katanya mengancam. Bagi orang Sulawesi selatan khususnya, sepertinya sih paham dengan contoh kata-kata ini, tapi kalau yang dari luar Sulawesi sepertinya geleng-geleng kepala membaca kata-kata tersebut, hehe).
Tapi mudah-mudahan sobat pembaca bisa sedikit paham lah dengan kata “ji” yang sering digunakan oleh orang-orang Makassar pada tulisan ku yang kacau tidak karuan seperti cakar ayam ini.
Terus saya mau bahas apa lagi nih, kayaknya sudah kehabisan ide buat nulis, oh iya tulisan ini ku buat tengah malam loh, gara-gara baca di bloggernusantara kalau hadiahnya SAMSUNG GALAXY NOTE (wooowwww, begitu baca itu langsung saya semangat buat bikin nih tulisan, biar pun ngantuk dan capek, soalnya tuh hadiah bisa buat bayar uang kuliah ku 4 smester sobat, hehe ngarep banget yah, aku bisa menang).
Habis selesai nulis ini, saya mau langsung submit deh di Lintas.me, tepat tengah malam, di malam yang gelap gulita, ditemani kegelapan, tanpa cahaya, hehe.
Tapi saya bingung, judulnya tulisan ini apa yah: (dalam kebingungan dan kegelapan itu aku pun mendapat ilham dari sang kuasa, hehe) maka ku berilah judul tulisan ini yaitu “Aku Blogger Makassar dan Ini Tulisan Ku “ji”  Sendiri”. 
Judul yang agak aneh sih, tapi yah cuman ini yang aku pikirkan saat itu. Dan tambahan sedikit Insyaallah mudah-mudahan bisa menang lah dengan tulisan ku yang apa adanya ini. Hehe.
Comments