Percobaan Lazzaro Spallanzani

azhar al


Percobaan Lazzaro SpallanzaniPada kesempatan kali ini, saya disini akan sedikit mencoba untuk membahas salah satu teori tentang asal usul kehidupan yang di kemukakan oleh lazzaro spallanzani. Dia adalah seoarang biologiwan italia yang mendukung teori biogenesis. spalanzanni melakukan percobaan untuk mematahkan teori abiogenesis, dalam percobaan nya dia menggunakan 2 buah tabung yang disi dengan kaldu.
     Pada tabung pertama, spallanzani memanaskan kaldu dengan suhu 15 derajat celcius selama beberapa menit. Kemudian, tabung tersebut dibiarkan terbuka selama beberapa saat.
      Sementara itu, Pada tabung kedua spalanzani juga melakukan hal yang sama yaitu memanaskan kaldu dengan suhu dan waktu sama. hanya saja, pada tabung kedua ini, spalanzanni tidak membiarkan tabung terbuka, tetapi menutupnya dengan sangat rapat menggunakan gabus yang tidak dapat ditembus udara. Kemudian tabung tertutup itu dibiarkan beberapa saat .
       Setelah kedua tabung tersebut dibiarkan beberapa saat. Kaldu di dalam tabung yang tidak ditutup tersebut berubah menjadi keruh dan aroma nya pun berubah menjadi bau. Hal ini menandakan bahwa adanya mikroba yang mengubah kaldu tersebut. Sedangkan, kaldu di tabung kedua tetap jernih seperti pada saat kaldu tersebut di panaskan, baunya pun juga tidak berubah. Tetapi pada saat tabung kedua ini dibuka tutupnya dan dibiarkan beberapa saat, kaldu nya berubah menjadi keruh sama seperti pada tabung pertama. Hal itu membuktikan bahwa mikroba di dalam kaldu tersebut muncul dari udara yang masuk ke tabung. Berdasarkan percobaan nya tersebut, spallanzani menyimpulkan bahwa mikroba didalam kaldu bukan berasal dari kaldu tersebut yang merupakan benda mati. Tetapi berasal dari udara yang membawa mikroba masuk ke dalam tabung. Hal ini sekaligus mematahkan teori abiogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Percobaan Lazzaro Spallanzani.