Tips Cara Mengetik 10 Jari di Keyboard

azhar al


Tips Cara Mengetik 10 Jari di KeyboardJika anda memiliki pekerjaan yang selalu berjibaku dengan keyboard komputer atau lapotop setiap harinya, maka untuk menunjang akitvitas tersebut anda perlu mengetahui bagaimana agar bisa mengetik lebih cepat. Tangan seakan menari di atas keyboard, itulah gambaran pekerjaan yang anda perlu lakukan. Bagaimana caranya? Agar anda bisa mengetik lebih cepat, anda harus menggunakan 10 jari anda di atas toots keyboard yang lebih dikenal dengan mengetik sistem 10 jari. Mengetik sistem 10 jari merupakan sistem mengetik dengan mamfaatkan 10 jari tangan dimana masing-masing jari mempunyai tugas untuk menekan tombol-tombol tertentu. Tugas masing-masing jari adalah sebagai berikut:

No
Jari-jari
Tombol Huruf
1
Kelingking kiri
Q, A, Z
2
Manis kiri
W, S, X
3
Tangan kiri
E, D, C
4
Telunjuk kiri
R, T, F, G, V, B
5
Ibu jari kiri
Spasi
6
Ibu jari kanan
Spasi
7
Telunjuk kanan
Y, U, H, J N, M
8
Tengah kanan
I, K, Koma (,)
9
Manis kanan
O, L, Titik (.)
10
Kelingking kanan
P, buka kurun ((), tutup kurung ()), Titik dua (:), koma atas (‘), tanda seru (“), dan garis miring (/)
Posisi jari dan telapak tangan ketika mengetik sistem 10 jari
Selama kita mngetik, kita menempatkan setiap jari di tombol yang disebut dengan tombol terminal. Setiap akan menekan tombol tertentu, jari berpindah ke tombol terminal tersebut, menekannya, kemudian kembali lagi ke tombol terminalnya. Tombol terminal untuk masing-masing jari adalah sebagai berikut:

No
Jari-jari
Tombol Huruf
1
Kelingking kiri
A
2
Manis kiri
S
3
Tangan kiri
D
4
Telunjuk kiri
F
5
Ibu jari kiri
Spasi
6
Ibu jari kanan
Spasi
7
Telunjuk kanan
J
8
Tengah kanan
K
9
Manis kanan
L
10
Kelingking kanan
Titik dua (:)
Pada saat kita meletakkan jari-jari di tombol terminal masing-masing, maka kita harus mengatur agar beban telapak tangan kita dibagi merata pada semua jari-jari tersebut. Dan apabila sebuah jari akan menekan tombol tertentu, maka beban tumpuan dipindahkan ke jari yang lain. Selama proses mengetik, telapak tangan harus diangkat dan tidak boleh tersentuh gengan keyboard.
Itulah Tips Cara Mengetik 10 Jari di Keyboard, semoga dapat membantu kamu mengetik lebih cepat.