Penjelasan Mengenai Autotrof, Heterotrof, Herbivora, Karnivora Dan Omnivora

azhar al

Penjelasan Mengenai Autotrof, Heterotrof, Herbivora,
Karnivora Dan Omnivora

Penjelasan Mengenai Autotrof, Heterotrof, Herbivora, Karnivora Dan Omnivora – Ditilik dari jenis makanan dan cara memperolah makanannya suatu organisme (makhluk hidup) dapat diklasifikasikan dalam beberapa klasifikasi seperti organisme autotrof, heterotrof, herbivora, karnivora dan omnivore. Nah, berikut penjelasannya:

PENJELASAN MENGENAI AUTOTROF, HETEROTROF, HERBIVORA, KARNIVORA DAN OMNIVORA
1. Autotrof
Autotrof adalah organisme atau makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Makhluk hidup yang termasuk kelompok ini adalah tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari sehingga sering juga disebut fotoautotrof.

2. Heterotrof
Heterotrof adalah organisme atau makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, sehingga makanan diperoleh dari makhluk hidup lainnya atau dengan cara memakan makhluk hidup lainnya. Contoh makhluk hidup yang tergolong heterotrof adalah hewan dan manusia.
Organisme heterotrof dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok berdasarkan jenis makanannya yaitu:
a. Herbivora
yaitu hewan yang hanya makan tumbuhan/produsen (hewan pemakan tumbuhan). Kelompok hewan ini dalam rantai makanan biasanya bertindak sebagai konsumen tingkat I. Contoh kelompok ini adalah : kambing, kerbau, sapi, belalang, kupu-kupu, dll.
b. Karnivora
yaitu hewan yang hanya makan daging (hewan lain). Contoh hewan yang termasuk kelompok ini adalah: serigala, harimau, singa, ular, elang, dan lain-lain.
c. Omnivora
yaitu makhluk hidup pemakan hewan dan tumbuhan (pemakan segala). Contoh makhluk hidup yang termasuk kelompok ini adalah manusia dan beruang.

Nah, itulah Penjelasan Mengenai Autotrof, Heterotrof, Herbivora, Karnivora Dan Omnivora, semoga bermanfaat yah.