Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

azhar al


Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan – Kali ini garda pengetahuan akan membahas mengenai salah satu materi BIOLOGI yaitu mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan.
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan adalah bertambah besarnya suatu individu akibat pembelahan mitosis dan penambahan materi. Perkembangan adalah diferensiasi sel membentuk struktur dan fungsi tertentu.

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dimulai dengan berkecambahnya biji. Perkecambahan terjadi malalui proses fisika, yaitu penyerapan air dan proses kimia, yaitu aktivitas enzim. Perkecambahan disebut epigeal jika kotiledonnya terangkat ke atas permukaan tanah, dan hypogeal jika kotiledonnya tetap berada di bawah permukaan tanah. Titik tumbuh pada tumbuhan terdapat pada ujung akar dan ujung batang. Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh faktor luar dan faktor dalam. Faktor luar meliputi air, cahaya, kelembapan, dan makanan. Faktor dalam meliputi gen dan hormon.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh hal-hal berikut. Makanan, berguna untuk sumber energi dan simtesis komponen sel. Air, berguna untuk fotosintesis dan mengaktifkan reaksi enzimatik. Suhu yang optimum diperlukanuntuk kerja enzim. Kondisi lembap diperlukan untuk aktifitas pemanjangan sel. Cahaya, berpengaruh pada pertumbuhan dan pembuangan. Gen, dibutuhkan untuk mengotrol sintesis protein. Hormon berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, misalnya auksin, sitokinin, giberelin, asam traumalin, dan kalin.
Semoga dapat membantu yah mengenai pengertian pertumbuhan dan perkembangan tersebut.