Thursday 3 October 2013

Pengertian Energi dalam Fisika

Pengertian Energi dalam Fisika – Energi dalam fisika akan selalu kita bahas dan pelajari, sehingga sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari energi dalam fisika, maka ada baiknya kita memahami pengertian energi dan definisi energi. Berikut ini pengertian energi dalam fisika :

Apa pengertian energi dalam fisika? Orang yang kuat dikatakan mempunyai energi karena ia dapat dengan mudah dan ringan menggerakkan mobil yang mogok dan berat. Air terjun dikatakan mempunyai energi karena ia dapat menggerakkan turbin air. Cahaya dikatakan mempunyai energi karena ia dapat memutar baling-baling hitam putih yang terdapat pada suatu radiometer. Buah yang ditancap tembaga dan seng, bilamana kedua bahan itu dihubungkan dengan amperemeter dengan perantaraan kawat dikatakan mempunyai energi karena ia dapat menggerakkan jarum amperemeter tersebut. Listrik dikatakan mempunyai energi karena ia dapat menggerakkan baling-baling kipas angin.
Pengertian Energi dalam Fisika

Dari contoh-contoh itu dapat dinyatakan bahwa sesuatu bentuk dikatakan mempunyai energi jika sesuatu tersebut dapat menggerakkan suatu benda. Suatu benda yang bergerak pasti pada mulanya terjadi perubahan gerak. Suatu benda terjadi perubahan gerak bilamana pada benda itu dikenai gaya (F). Oleh karena ia melakukan gerak berarti menempuh suatu jarak Δs. Gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut menempuh suatu jarak, dikatakan gaya tersebut telah melakukan usaha.

Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa pengertian energi dalam fisika adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Oleh karena itu, energi adalah setara dengan usaha, satuannya pun sarna dengan usaha. Dalam sistem Satuan Internasional, energi diukur dengan satuan joule (J). Satuan energi lainnya adalah erg, kalori, dan kWh (kilowatt hours). Satuan kWh adalah satuan yang lebih besar yang biasanya digunakan untukmenyatakan besar energi listrik, sedangkan satuan kalori biasanya digunakan untuk energi kimia.

1 kalori = 4,2 joule dan 1 joule = 1 watt sekon

Hukum kekekalan energi berbunyi “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain.

Nah, demikian istilah dan pengertian energi dalam ilmu fisika, semoga bermanfaat yah brooh, dan tetap belajar demi meraih cita-cita.

Comments