Monday 28 October 2013

Pengertian Getaran dan Ciri Getaran

Pengertian Getaran dan Ciri - Ciri Getaran – Di ilmu fisika, sangat penting kita untuk memahami konsep getaran dan pengertian getaran, nah berikut ini pembahasan mengenai getaran. Ilustrasinya seperti ini pernahkah kamu melihat jam dinding yang memakai bandul? Perhatikanlah bahwa jarum jam tersebut bergerak akibat adanya gerak bolak-balik bandul. Gerakan bandul itu disebut getaran. Jadi, getaran adalah gerak bolak-balik melalui titik setimbang.

Nah, satu getaran kita definisikan sebagai satu kali bergetar penuh, yaitu dari titik awal kembali ke titik awal tersebut. Satu kali getaran adalah ketika benda bergerak dari titik A-B-C-B-A atau dari titik B-C-B-A-B. Bandul tidak pernah melewati lebih dari titik A atau titik C karena titik tersebut merupakan simpangan terjauh.

Simpangan terjauh itu disebut amplitudo. Di titik A atau titik C benda akan berhenti sesaat sebelum kembali bergerak. Contoh amplitudo adalah jarak BA atau jarak BC. Jarak dari titik setimbang pada suatu saat disebut simpangan.

Pengertian Getaran dan Ciri - Ciri Getaran  Getaran merupakan jenis gerak yang mudah kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik gerak alamiah maupun buatan manusia. Semua getaran memiliki ciri-ciri tertentu. Apa ciri-ciri getaran itu?

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh satu kali getaran disebut periode getar yang dilambangkan dengan (T). Banyaknya getaran dalam satu sekon disebut frekuensi (f). Suatu getaran akan bergerak dengan frekuensi alamiah sendiri. Hubungan frekuensi dan periode secara matematis ditulis sebagai berikut:

Hubungan frekuensi

Hubungan Frekuensi dan Periode

Dimana:

T = periode (s)
f = banyaknya getaran per sekon (Hz)

Satuan periode adalah sekon dan satuan frekuensi adalah getaran per sekon atau disebut juga dengan hertz (Hz), untuk menghormati seorang fisikawan Jerman yang berjasa di bidang gelombang, Hendrich Rudolf Hertz. Jadi, satu hertz sama dengan satu getaran per sekon.

Nah, itulah informasi dari materi fisika yang berjudul Pengertian Getaran dan Ciri - Ciri Getaran semoga bermanfaat dan menambah ilmu fisika kita.

Comments