Wednesday 20 November 2013

Hukum Newton 1 2 3

Hukum Newton 1 2 3 – Hukum Newton sangat terkenal, dan bagi saya selaku mahasiswa FISIKA bisa saya katakan bahwa hukum newton adalah hukum yang paling laku di muka bumi ini, hehe Hukum Newton ada 3 yang kenal sehingga biasa kita sebut hukum I Newton, Hukum 2 Newton dan Hukum 3 Newton. Aplikasi dari hukum Newton ini sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, berikut ini saya sajikan  hukum-hukum newton tersebut.

Hukum Newton 1 2 3:

  • Hukum 1 Newton
    Hukum Newton ini berbunyi "Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol,maka benda yang mula2 diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan"
    Sehingga rumus bisa kita tuliskan sebagai berikut:
    Hukum 1 NewtonContohnya:

    Contoh:
    - Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.
    - Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat.


  • Hukum 2 Newton
    Bunyi hukum ke-2 Newton adalah “Perceoatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan masa benda"
    Dan persamaannya adalah:
    Hukum 2 Newton Penerapan hukum 2 newton ini adalah Mobil yang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbading terbalik dengan massa mobil tersebut.

  • Hukum 3 Newton
    Untuk hukum ke 3 Neton ini berbunyi "Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan"
    Contohnya: Mendorong mobil, gaya tarik menarik magnet.


Sekian informasi tentang ilmu fisika mengenai Hukum Newton 1 2 3 silahkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya yah, termasuk beberapa penarapannya tentang hukum newton tersebut. Sekian, dan tetap semangat belajar.

Comments