Friday 23 May 2014

Dua Postulat Bohr

Dua Postulat Bohr | Dalam ilmu kimia nama Bohr tidak asing lagi ditelinga kita, karena bohr membuat teori atom yang kemudian menjadi petunjuk bagi ilmuwan tentang model atom, namun tentu saja odel atom bohr memiliki kelebihan dan juga kekurangan (baca : kelebihan dan kekurangan model atom bohr). Nah, 2 postulat bohr ini diawali dari pengamatan Niels Bohr terhadap spektrum atom, karena adanya spektrum garis menunjukkan bahwa elektron hanya beredar pada lintasan-lintasan dengan energi tertentu. Kemudian dengan teori Mekanika Kuantum Planck maka Bohr (1913) menyampaikan 2 postulat untuk menjelaskan kestabilan atom. Dimana dua postulatnya adalah sebagai berikut:

Dua Postulat Bohr:

a. Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan tertentu yang stasioner dan kemudian disebut dengan orbit atau kulit. Walaupun elektron bergerak cepat tetapi elektron tidak memancarkan ataupun menyerap energi sehingga energi elektron konstan. Hal ini berarti elektron yang berputar mengelilingi inti atom mempunyai lintasan tetap sehingga elektron tidak jatuh ke inti.


b. Elektron dapat berpindah dari kulit yang satu ke kulit yang lain dengan cara memancarkan atau menyerap energi. Energi yang dipancarkan atau diserap ketika elektron berpindah kulit disebut dengan foton. Besarnya foton dirumuskan:

rumus besar foton Semoga artikel kimia ini dapat membantu ini memahami dua postulat bohr. Terima kasih

Comments