Sunday 3 August 2014

Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia – Hati sebagai salah satu organ yang sangat penting dalam sistem ekskresi harus kita rawat dengan baik, salah satunya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman berbahaya.

Mengapa?

Karena hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh manusia, seperti misalnya menetrailisir racun, tempat sintesis bagi beberapa zat. Namun selain itu ada banyak sekali manfaat dan kegunaan HATI, yaitu sebagai berikut

Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia

Gambar Hati Manusia Gambar hati manusia (sumber: encarta 2005)

1)  Hati dapat Menetralisir Racun

Fungsinya menetralisisr racun agar supaya tidak membahayakan tubuh, kemudian racun yang telah dinetralisir ini dikeluarkan melalui urine.

2)  Hati dapat mengubah glukosa menjadi glikogen

Tujuan hati mengubah glukosa adalah untuk mengatur kadar gula dalam darah sehingga tidak berlebih dan tidak kekurangan.

3)  Sebagai alat ekskresi yang mengeluarkan warna

Hati dapat mengeluarkan warna empedu dan urine. Setiap harinya, hati kita menghasilkan empedu mencapai ½ liter.

4)  Hati sebagai tempat sintesis beberapa zat

Hati menghasilkan produk enzim berupa enzim arginase yang fungsinya adalah mengubah arginin menjadi ornifin dan urea. Ornifin yang terbentuk dapat meningkatkan NH3 dan CO 2 yang bersifat racun.

5)  Hati menghasilkan empedu

Empedu yang dihasilkan oleh HATI ini berasal dari hemoglobin sel darah merah yang telah tua. Empedu kemudian disimpan di dalam kantung empedu dan merupakan cairan yang berwarna hijau serta berasa pahit.

Empedu mengandung kolesterol, garam empedu, garam mineral, dan pigmen bilirubin dan biliverdin. Fungsinya adalah untuk mencerna lemak agar mudah diserap tubuh, membantu daya absorpsi lemak di usus, mengaktifkan enzim lipase.=

f)  Fungsi hati dapat merombak sel-sel darah merah yang sudah tua

Di dalam sel darah merah yang sudah tua terdapat hemoglobin. Hemoglobin dalam darah tersebut dipecah menjadi zat besi, globin, dan heme. Zat besi dan globin dipakai kembali untuk menghasilkan sel darah merah yang baru. Sedangkan, heme dirombak menjadi bilirubin dan biliverdin yang berwarna hijau biru.

Zat warna empedu ini mengalami oksidasi di dalam usus menjadi urobilin yang memberi warna kekuningan pada feses dan urine.

Sekian ilmu BIOLOGI tentang Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia semoga bisa membantu anda untuk lebih memahami tentang materi biologi.

Comments