Friday 15 April 2016

Pengertian Energi Ionisasi dalam Tabel Periodik Kimia

Pengertian Energi Ionisasi dalam Tabel Periodik Kimia - Dalam ilmu kimia kita akan memelajari yang namanya tabel periodik. Nah di dalam tabel periodik ini terdapat sifat-sifatnya mau tahu sifatnya yaitu salah satunya adalah energi ionisasi. Yuk pelajari di bawah ini

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pengertian Energi Ionisasi

Energi ionisasi adalah energi minimum yang diperlukan atom untuk melepaskan  satu elektron yang terikat paling lemah dari suatu atom atau ion dalam wujud gas. 

Harga energi ionisasi dipengaruhi oleh besarnya nomor atom dan ukuran jari-jari  atom. Makin besar jari-jari atom, maka gaya tarik inti terhadap elektron terluar makin  lemah. Hal itu berarti elektron terluar akan lebih mudah lepas, sehingga energi yang  diperlukan untuk melepaskan elektron terluar makin kecil.

Ingat.!!

Energi ionisasi kecil berarti mudah melepaskan elektron.
Energi ionisasi besar berarti sukar melepaskan elektron.

Pengertian Energi Ionisasi dalam Tabel Periodik Kimia

Energi ionisasi pertama digunakan oleh suatu atom untuk melepaskan elektron kulit terluar, sedangkan energi ionisasi kedua digunakan oleh suatu ion (ion +) untuk  melepaskan elektronnya yang terikat paling lemah. 

Untuk mengetahui kecenderungan energi ionisasi unsur-unsur dalam sistem  periodik dapat dilihat pada daftar energi ionisasi pertama unsur-unsur dalam sistem periodik yang harganya sudah dibulatkan dan grafik kecenderungan energi ionisasi unsur-unsur yang terdapat pada gambar di bawah ini

Energi ionisasi pertama unsur-unsur dalam sistem periodik unsur (kj/mol)


Hubungan Energi Ionisasi dengan Nomor Atom


















Dari gambar tersebut dapat disimpulkan bahwaenergi ionisasi unsur-unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah makin kecil, sedangkan unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar. 

Ternyata selain dalam ilmu kimia, materi energi ionisasi ini juga akan dipelajari di jurusan fisika tepatnya mata kuliah "fisika inti" dulu saya memelajarinya di semester 6.

Semoga ilmu ini bisa bermanfaat yah. Pengertian Energi Ionisasi dalam Tabel Periodik Kimia

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Comments