Thursday, 8 September 2016

Arah Aliran Darah pada Ikan

Arah Aliran Darah pada Ikan - Kalau kita berbicara tentang sistem peredarah yang dialami oleh AVERTEBRATA maupun VERTEBRATA, yaitu hewan tidak bertulang belakang dan juga hewan bertulang belakang maka kita akan mendapatkan bahwa terdapat perbedaan diantara keduanya.

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

A. Sistem Peredarah Darah pada Ikan

Sistem peredaran darah ikan disebut peredaran darah tunggal, karena darah hanya satu kali melewati jantung. Jantung ikan terdiri dari 2 ruang, yaitu satu atrium dan satu ventrikel.

Dinding atrium tipis, sehingga warna darah di dalamnya tampak memerah dengan jelas, sedangkan dinding biliknya cukup tebal, sehingga tampak lebih pucat.

Selain itu pada jantung ikan terdapat sinus venosus yang menerima darah dari vena kardinalis anterior dan vena kardinalis posterior. Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bwah ini:

Peredaran darah pada ikan adalah sistem peredaran darahtunggal

B. Arah Aliran Darah pada Ikan

Untuk arah aliran darah pada ikan :
1. Jantung -> keluar melalui aorta ventral -> insang.
2. Di insang, aorta bercabang-cabang menjadi arteri brankial dan akhirnya menjadi kapiler-kapiler

Semoga tulisan ini berjudul Arah Aliran Darah pada Ikan bisa bermanfaat buat peserta didik ataupun mahasiswa seluruh Indonesia.

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar

Post a Comment