Thursday 22 September 2016

Manfaat Jamur Penicillium dan Aspergillus

Manfaat Jamur Penicillium dan AspergillusPenicillium dan Aspergillu termasuk kedalam Kleistotesium dimana Kelompok jamur ini berbentuk bulat tertutup yang merupakan ciri dari kelas Plectomyces.

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Contoh jamur ini antara lain genus Penicillium dan Aspergillus. Apa manfaat dari jamur tersebut? Beberapa di antaranya sebagai berikut:
Manfaat Jamur Penicillium dan Aspergillus

Manfaat Jamur Penicillium dan Aspergillus

1) Penicillium, misalnya P. camembertidan P. requeforti untuk pembuatan keju. P. notatumdan P. chrysogenumdapat menghasilkan antibiotik. Sporanya berupa konidia, berwarna hijau kebiruan, dan berkembang biak secara vegetatif. Jamur ini dapat dijumpai pada makanan yang busuk seperti roti, kentang, nasi, yang berarti dia hidup sebagai saprofit.

2) Aspergillus,jamur ini dapat tumbuh di mana-mana, sporanya berupa konidia. Banyak sekali manfaat dari jamur ini, antara lain untuk pembuatan makanan dan minuman. Misalnya, Aspergillus nigeruntuk pembuatan sale, agar-agar, atau menjernihkan sari buah. Aspergillus oryzae untuk pembuatan tape, sake, melunakkan adonan roti. Aspergillus wentii untuk pembuatan kecap, tauco, dan sake. Selain menguntungkan, ada juga jenis Aspergillusyang merugikan seperti Aspergillus flavus yang menghasilkan racun aflatoksin. Jika ditemui dalam dosis tinggi pada hewan dan manusia dapat menyebabkan kematian, adapun pada dosis rendah dapat menyebabkan kanker. Aspergillus fumigatus merupakan salah satu penyebab penyakit pernapasan.

Manfaat Jamur Penicillium dan Aspergillus. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat yah. Tetaplah mencari ilmu sebagaimana hadits

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Comments