Monday, 14 November 2016

Jenis dan Kelas Ikan dalam Ilmu Biologi

Jenis dan Kelas Ikan dalam Ilmu Biologi - Berasal dari manakah ikan yang Anda makan sehari-hari? Semua jenis ikan berasal dari daerah perairan, baik air tawar dan air asin. Tubuh ikan berbentuk ramping dilengkapi sirip untuk bergerak di air, tubuh bagian luarnya ditutupi sisik dan berlendir, bernapas dengan menggunakan insang untuk mengambil oksigen yang terlarut dalam air, berkembang biak dengan bertelur dan pembuahan terjadi di luar tubuh. 

Karena jantung ikan hanya memiliki satu ventrikel sehingga berdarah dingin dan suhu tubuhnya dapat berubah-ubah tergantung pada suhu luarnya.

Dari semua jenis ikan yang ada sekarang, ikan dapat digolongkan menjadi tiga kelas yaitu kelas Agnatha, kelas Condrichthyes, dan kelas Osteichthyes.

Jenis dan Kelas Ikan 

1) Kelas Agnatha (Jenis dan Kelas Ikan)

Agnatha berasal dari bahasa Yunani, yaitu ayang berarti tidak dan gnathosyang berarti rahang. Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas agnatha memiliki ciri-ciri tidak berahang, siripnya tidak berpasangan, rangka tubuhnya tersusun atas tulang rawan serta jantungya hanya memiliki satu ventrikel.
Contoh Kelas Agatha : ikan lamprey (Petromyzon sp.).
Gambar Lamprey (Petromyzon sp.)


2) Kelas Condrichthyes (Jenis dan Kelas Ikan)

Condrichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu condrosyang berarti tulang rawan dan ichthyes yang berarti ikan. Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas Condrichthyes memiliki tulang rawan, mulut dan lubang hidungnya ventral. Celah-celah pharyngeal yang terlihat dari luar berjumlah 5 atau lebih dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel. Contoh ikan hiu dan ikan pari.
Gambar Ikan Hiu


3) Kelas Osteichthyes (Jenis dan Kelas Ikan)

Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu osteonyang berati tulang dan ichthyes yang berarti ikan. Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas Osteichthyes memiliki sebagian tulang keras, mulut dan lubang hidungnya ventral, celah-celah pharyngeal tertutup (tidak terlihat dari luar) dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel. Contohnya, ikan lele, bandeng, dan gurami.
Gambar Ikan Lele (wikipedia)

Semoga tulisan tentang Jenis dan Kelas Ikan dalam Ilmu Biologi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian yah.

0 komentar

Post a Comment