Sunday 7 October 2012

Manfaat-manfaat Buah Mentimun


Manfaat-manfaat Buah MentimunJenis sayuran yang satu ini banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bukan hanya rasanya yang enak dan segar ketika dibuat acar dan campuran sambat dengan tomat, tapi kandungan vitamin dan zat bermanfaat lainnya yang terkandung di dalamnya membuatnya kaya manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh dari dalam tapi mentimun juga dipercara dapat mempercantik kulit dari luar. Berikut manfaat-manfaat buah mentimun bagi kesehatan kita:

1.    Mentimun memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C, yang bermanfaat memperbaiki mood, menambah semangat, serta menyegarkan tubuh. Selain itu, nilai karbohidrat dalam ketimun juga cukup tinggi, yang mampu menghasilkan energi dan menghilangkan lelah.
2.     Biji mentimun dapat membantu penyembuhan penyakit, alias membantu memperbaiki sel yang rusak karena adanya alkaloid hypoxanthine dalam bijinya. Jadi jika Anda terbiasa membuang biji ketimun, mulai sekarang konsumsi juga bijinya.
3.     Menghilangkan selulit dan kantung mata. Caranya, cukup iris tipis ketimun dingin, dan tempelkan ke atas kulit yang selulit, atau mata yang berkantung. Biarkan beberapa menit, lalu ulangi lagi.
4.    Manfaat-manfaat buah mentimun yang lain adalah dapat menghilangkan sakit kepala akibat mabuk minuman beralkohol. Efek yang terasa jika Anda mengkonsumsi minuman beralkohol biasanya adalah kepala terasa berat dan pusing. Nah, efek ini dapat dihilangkan dengan makan ketimun atau mentimun.
5.       Menghilangkan panas dalam. Anda dapat mengolah ketimun menjadi jus, atau mengkonsumsinya begitu saja untuk menghilangkan panas dalam, sebab ketimun juga punya efek mendinginkan.  

 Manfaat-manfaat Buah Mentimun sebaiknya kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat tubuh kita lebih sehat.
Comments