Monday 19 August 2013

Fungsi Vitamin E

Fungsi Vitamin EVitamin E memiliki fungsi yang sangat signifikan bagi tubuh kita, sehingga apabila kita kelebihan dan kekurangan vitamin E, maka akan berdampak negatif bagi tubuh, salah satu peranan penting dari vitamin E adalah fungsinya dalam menambah daya tahan tubuh kita terhadap berbagai macam penyakit, fungsi vitamin E juga sangat baik bagi kulit kita.
Vitamin E

Nah, sejarah dari vitamin E sendiri ditemukan oleh seorang ilmuwan dari california bernama Dr. H. M Evans pada tahun 1922 melalui penelitian untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina diperlukan suatu substansi tak dikenal. Tanpa bahan ini maka janin tikus akan mati dalam 10 hari saat dikandung. Tikus jantan yang kekurangan bahan ini juga mengalami kelainan pada testisnya, sehingga saat itu vitamin E disebut vitamin anti kemandulan.
Berikut fungsi dan manfaat dari Vitamin E bagi tubuh:
1.    Fungsi vitamin E yang pertama yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, srta dapat meminimalkan risiko penyakit kanker dan penyakit jantung koroner
2.    Vitamin berperan sangat penting bagi kesehatan kulit kita, yaitu dengan cara menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, juga dapat mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
3.    Fungsi vitamin E yang ketiga yaitu bermanfaat sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses di tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang dapat  membantu melindungi berbagai struktur sel yang penting terutama pada bagian membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas
4.    Fungsi vitamin E yaitu melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.


Akibat Kekurangan Vitamin E
Kita sebaiknya sering menkonsumsi vitamin E agar tidak kekurangan vitamin E, berikut akibat jika kita kekurangan vitamin E:
1.    Kekurangan vitamin E dapat menyeabkan sel darah merah terbelah
2.    Perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot kita
3.    Kesulitan berjalan
4.    Nyeri pada otot betis
5.    Gangguan pada penglihatan
6.    Menimbulkan penyakit anemia
7.    Menyebabkan kelainan pada kulit (baca juga cara agar tampil cantik alami)
Makanan yang banyak mengandung fungsi dan vitamin E adalah sebagai berikut:
1. Bayam
2. Kacang almond
3. Kacang tanah
4. Kacang pinus
5. Sawi
6. Brokoli
7. Paprika
8. Daun Kemangi

Nah itulah fungsi dari vitamin E yang dapat menjaga tubuh kita agartetap sehat, semoga bermanfaat yah artikel ini.
Comments