Friday 11 October 2013

Pengertian Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin

Pengertian Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin – Di dunia elektronika dan juga dalam dunia Fisika, kita kan mengenal yang namanya sebuah rangkaian listrik, nah dalam membahas rangkaian listrik tersebut, kita akan mendapati ilmu mengenai Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin nah sebenrnya apa pengertian thevenin dan norton, berikut penjelasannya.

Pengertian Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin

Definisi Tegangan dan Hambatan Thevenin

Tegangan Thevenin, VTH, didefinisikan sebagai tegangan yang melewati terminal beban saat hambatan beban terbuka. Karena ini, tegangan Thevenin terkadang disebut dengan tegangan rangkaian terbuka. Definisinya :

Tegangan Thevenin : VTH = VOC

dengan VOC merupakan singkatan dari “Open – Circuit Voltage”.

Hambatan Thevenin didefinisikan sebagai hambatan yang diukur antar – terminal saat seluruh sumber dibuat nol (dihubungsingkat) dan hambatan beban terbuka. Sebagai definisi :

Hambatan Thevenin : RTH = ROC

Gambar 1.1 memperlihatkan sebuah kotak hitam (black box) yang mengandung rangkaian dengan sumber searah (DC) dan hambatan linier (hambatan yang tidak berubah dengan naiknya tegangan).

clip_image003

Theorema Thevenin merupakan alat bantu aplikatif dalam dunia elektronika. Theorema ini tidak hanya menyederhanakan perhitungan, tetapi juga memungkinkan kita untuk menjelaskan operasi rangkaian yang tidak mampu dijelaskan hanya dengan menggunakan persamaan Kirchhoff.

 Pengertian Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin

Nah mudah bukan materi Pengertian Tegangan Thevenin dan Hambatan Thevenin ini merupakan materi elektronika dasar I saat saya kuliah. Semoga bermanfaat

Comments