Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

azhar al

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan TanamanTanaman mempunyai faktor-faktor yang akan sangat mempengaruhi dalam pertumbuhannya, nah ada yang namanya faktor internal maupun faktor eksternal pada tumbuhan.
Pertumbuhandan perkembangan makhluk hidup merupakan hasil interaksi antara faktor yang terjadi dari dalam tubuh makhluk itu sendiri (internal) dan juga faktor yang berasal dari luar tubuh (eksternal).
Faktor pertumbuhan tanaman
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman
Faktor internal, meliputi :
1.       Genetik
Genetik adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat di dalam setiap sel makhluk hidup baik manusia maupun tumbuhan.
2.       Hormon ( zat tumbuh )
Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman selanjutnya adalah Hormon yaitu senyawa organik (zat kimia) yang terdapat pada makhluk hidup yang mempengaruhi reproduksi, metabolisme serta pertumbuhan dan perkembangan.
     
Faktor eksternal, meliputi :
1.       Nutrisi
Pada tumbuhan, nutrisi yang diperlukan berupa air dan zat-zat hara yang terlarut didalamnya yang dirubah melalui proses fotosintesis menjadi zat-zat makanan.
2.       Lingkungan
Faktor lingkungan yang akan sangat berperan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan adalah : suhu udara, cahaya, dan kelembaban.
Yah, itulah beberapa faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, semoga informasi mengenai materi BIOLOGI.