Saturday 7 December 2013

Ciri – Ciri pada Makhluk hidup

Ciri – Ciri Makhluk hidup adalah berdasarkan ciri secara umum makhluk  hidup  adalah  makhluk  yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, dan berkembang biak, ada pula ciri ciri yang lain, nah semua ciri-ciri makhluk hidup yang terdapat datas tersebutlah yang akan kita bahas di materi biologi ini. Namun sebelum kita masuk pada materi inti akan sedikt saya jelaskan terebih tentang pengerrtian dari makhluk hidup, agar kita semua bisa lebih paham membaca materi ini:
Ciri – Ciri pada Makhluk hidup
A. Pengertian Makhluk hidup
Bunga, kambing, ikan, burung dan juga manusia, semuanya bergerak, memerlukan
makanan,  bernapas,  dan  berkembang  biak.  Mengapa  hal  ini  terjadi? NAh, Hal  tersebut terjadi karena mereka adalah makhluk hidup. Motor tidak bisa bergerak jika tidak diberi bensin dan dikemudikan. Demikian juga dengan sepeda dan bentor, jika tidak dikendarai  manusia  tidak  akan  bergerak. Benda itu dinamkan dengan makhluk takhidup karena tidak melakukan hal-hal seperti yang dilakukan makhluk hidup. Jadi,  makhluk  hidup  adalah  makhluk  yang memiliki ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, dan berkembang biak.
B. Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Nah, setelah paham tentang pengertian makhluk hidup maka selanjtnya kita beralih kepada cirinya.
1.  Ciri makhluk hidup yang pertama adalah Bernapas
Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas adalah proses mengambil udara (O2) dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen  (O2)  sangat  diperlukan  makhluk  hidup  untuk  pembakaran  makanan dalam  tubuh  dan  menghasilkan  energi  yang  diperlukan tubuh  atau  disebut  juga
oksidasi  tubuh.  Energi  ini  digunakan  tubuh  untuk  bergerak  dan  melakukan aktivitas lainnya.
Proses  pernapasan  makhluk  hidup  berbeda-beda,  bergantung  pada  tempat  hidup dan  jenis  makhluk  hidup.  Makhluk  hidup  yang  hidup  di  darat  memiliki  sistem pernapasan  yang  berbeda  dengan  makhluk  hidup  yang  hidup  di  air.  Pernapasan

- Alat pernafasan pada tumbuhan disebut stomata atau lentisel
- Alat pernafasan pada hewan adalah paru paru,insang trakea dan kulit
- Burung memiliki alat bantu pernafasan yang disebut pundi pundi udara

2.  Ciri makhluk hidup yang kedua adalah Bergerak Bergerak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Gerak pada manusia dan hewan  jelas  tampak  terlihat.  Kamu  dapat  berjalan,  berlari,  dan  menggerakkan tangan.  Begitu  juga  dengan  hewan  dapat  berlari,  terbang,  dan  lain  sebagainya.
Untuk melakukan gerakan tersebut, manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak. Pada manusia, misalnya tangan dan kaki. Sedangkan, pada hewan, seperti sayap, sirip, kaki, silia, dan lainnya.
Selain manusia dan hewan, tumbuhan juga melakukan gerakan, tapi gerakan ini tidak  mudah  dilihat.  Contoh  gerakan  pada  tumbuhan  adalah  menutupnya  daun putri  malu  bila  disentuh.  Daun-daun  pohon  petai  cina  yang  menutup  pada  sore hari, arah tumbuhnya tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari  yang  selalu  menghadap  matahari.  Gerakan  pada  tumbuhan  disebabkan karena ada rangsangan dari luar.

Ciri Ciri Makhluk Hidup

3.  Ciri makhluk hidup yang ketiga adalah Makan
Seluruh  makhluk  hidup  membutuhkan  makanan.  Makanan  yang   dimakan harus  mengandung  zat-zat  makanan  yang  dibutuhkan  oleh  tubuh.  Contohnya, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat sangat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Fungsi makan pada makhluk hidup:
a. Menimbulkan energi ( tenaga )
b. Pembangun tubuh ( pertumbuhan )
c. Mengganti sel sel tubuh yag rusak
Makhluk hidup yang dapat embuat makanan sendiri adalah tumbuhan hijau daun lewat proses fotosintesa.

4. Ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya yaitu Iritabilitas Salah  satu  ciri  makhluk  hidup  adalah  respons  terhadap  rangsangan. Kemampuan  makhluk  hidup  memberi  tanggapan  terhadap  rangsangan  disebut

iritabilitas.   Hewan dan manusia untuk iribalitas menggunakan panca indera yang terdiri dari :
- Mata untuk melihat
- Telinga untuk mendengar
- Kulit untuk meraba
- Hidung untuk mencium
- Lidah untuk mengecap

5.  Ciri makhluk hidup yang kelima adalah Tumbuh Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya, jika kamu menanam biji akan tumbuh menjadi kecambah, kemudian menjadi tanaman kecil. Jika tanaman tersebut kamu siram  setiap hari, maka akan tumbuh menjadi tanaman yang besar.

6.  Berkembang Biak Berkembang  biak  atau  reproduksi  adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Perkembangbiakan ini berguna untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi  dua  macam,  yaitu  secara  generatif  (kawin)  dan  secara  vegetatif  (tak kawin). 
Pada  hewan  tingkat  tinggi  umumnya  berkembang  biak  secara  kawin, sedangkan  pada  hewan  tingkat  rendah  berkembang  biak  dengan  vegetatif  (tak kawin).
Bagaimana  perkembangbiakan  pada  tumbuhan?  Tumbuhan  tidak  hanya berkembang biak dengan biji, tetapi juga dapat berkembang biak secara vegetatif atau  tidak  kawin.  Contoh  perkembangbiakan  vegetatif  pada  tumbuhan,  di
antaranya stek, cangkok, dan tunas.

7.Reproduksi Semua  makhluk  hidup  berkembang  biak,  hal  ini  merupakan  upaya  makhluk hidup untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu baru. Perkembangan makhluk hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian jenisnya supaya tidak punah,
Cara makhluk hidup untuk berkembang biak dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.  Generatif  ,  yaitu  peristiwa  terbentuknya  individu  baru  yang  didahului  oleh pembuahan  (  fertilisasi  )  ,  peembuahan  berarti  meleburnya  sel  kelamin  jantan dengan betina untuk membentuk zigot , contoh : cacing, rayap, katak, lebah dll

b.  Vegetatif  yaitu  cara  berkembang  biak  tanpa  perkawinan,  jadi  tidakmeliatkan sel  gamet  atau  sel  kelami,  contoh  peremangan  vegetatif  :  tunas,  membelah  diri, spora, umbi geragih


8.  Ciri makhluk hidup yaitu melakukan Adaptasi
Untuk  dapat  bertahan  hidup  di  lingkungannya,  makhluk  hidup  harus menyesuaikan  diri  dengan  lingkungannya,Tempat  hidup  bagi  makhluk  hidup dapat  melakukan  aktifitasnya  disebut  habitat. Apabila  makhluk  hidup  tersebut tidak  bisa  menyesuaikan  diri  dengan  lingkungannya  maka  akan  mati  atau  bisa harus berpindah ke lingkungan yang baru.

9. Memerlukan Suhu Tertentu
Semua makhuk hidup dapat bertahan pada suhu tertentu, ikan dapat hidup pada air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai dengan 30 derajat. untuk jenis bakteri dapat sampai suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup baik antara suhu 0 – 43 derajat celcius.

10. Mengeluarkan Zat Sisa ( sekresi) Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jika tidak akan menimbulkan racun di dalam tubuh.Zat sisa yang dikeluarkan bisa berupa cairan, gas ataupun zat padat.
Alat pengeluaran zat sisa pada hewan atau manusia , yaitu :
a. Paru paru mengeluarkan CO2
b. Kulit mengeluarkan keringat
c. Ginjal mengeluarkan uriine
Nah, itulah tadi artikel tentang Ciri – Ciri pada Makhluk hidup kurang lebih tadi ada 10 ciri-ciri makhluk hidup yang saya jelaskan kalau misalnya ada yang masih kurang silahkan ditambahkan yah.
Comments