Tips Membeli Laptop

Tips Membeli LaptopAnda ingin membeli laptop?. Berikut tips membeli laptop.
Kalau anda ingin membeli laptop saya sarankan sebaiknya anda membeli laptop baru tentunya sesuai dengan budget yang anda punya. Semua laptop yang dijual sudah dilengkapi dengan perangkat keras yang tiap seri/keluaran yang baru memiliki kelebihan tersendiri. Dengan semakin banyaknya merk laptop yang beredar dipasaran maka untuk memilih laptop yang baik pun semakin sulit. Berikut tips memilih laptop:
1. Tips memilih laptop yang pertama yaitu tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk disain dan gaming, men-develop sistem, atau mobile.
- Jika laptop dipakai untuk tujuan disain dan gaming, sebaiknya Anda memilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array card) dan memori yang handal. Jika Anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat disarankan.

-Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA card yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih 'ringan'.  VGA Card sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuat alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).

- Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource
  tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori  (RAM dan Harddisk) dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools yang kian hari kian 'rakus' memori. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit juga disarankan.

- Untuk mobile, Anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika Anda akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

3. Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika Anda ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

4. Tips memilih laptop, Pastikan laptop masih dalam kondisi baru dan memiliki segel
laptop baru yang baik adalah yang memiliki sebagai tanda bahwa laptop tersebut memiliki garansi dari perusahan yang memproduksinya. Penjual akan menunjukkan segel ini kepada anda.

5. Mintalah kartu garansi vendor laptop yang anda beli
Selain segel anda juga butuh kartu garansi. Tanpa kartu garansi, maka anda tidak akan bisa melakukan klaim apabila kemudian hari ada kerusakan bawaan laptop. Jadi, mintalah kartu garansi pada toko tempat anda membelinya.
Semoga tips membeli laptop yang kami berikan ini bermanfaat bagi anda semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel