Perbedaan Antara Rumus Molekul dan Rumus Empiris

Perbedaan Antara Rumus Molekul dan Rumus Empiris – Dalam pembelajaran kimia di Sekolah, kita akan mengenal yang namanya molekul, senyawa, unsur, ion dan sebagaianya. Nah, ketika kita ingin memahaminya salah satu caranya adalah kita harus menemukan apa perbedaan antara mereka sehingga bisa kita tahu apa fungsi dan manfaatnya. Kali ini saya akan menjelaskan materi kimi ini yang berjudul perbedaan antara rumus molekul pada kimia dan rumus empirisnya. Berikut ini perbedaannya:

1 Pengertian Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Jadi rumus molekul menyatakan susunan sebenarnya dari sebuah molekul zat.

Contoh-comtoh rumus molekul:

a. Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.

b. Rumus molekul glukosa C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 buah atom karbon, 12 buah atom hidrogen, dan juga sebanyak 6 atom oksigen.

Perbedaan Antara Rumus Molekul dan Rumus Empiris

2 Pengertian Rumus Empiris

Rumus empiris
adalah rumus yang menyatakan tentang perbandingan terkecil atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa kimia.

Contoh-contoh rumus empiris:
(a) Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl– dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida NaCl.

(b) Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl-– dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida CaCl2.

Nah, semoga materi kimia yang berjudul perbedaan rumus empiris dan rumus molekul ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita untuk semakin semangat belajar kimia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel