Thursday 6 March 2014

Tips Cara Menghilangkan HIDUNG TERSUMBAT dan MAMPET

Tips Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dan Mampet Hidung yang tersumbat dan mampet adalah salah satu masalah yang umum kita jumpai di kala flu melanda, hidung yang mampet dan tersumbat ini sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari karena membuat kita sulit bernafaas, apalagi saat akan tidur di malam hari. Kadang-ladang ini juga mmbuat suara kita menjadi berubah dan tidak seperti biasanya, berikut ini tips serta cara dari Garda Pengetahuan untuk menghilangkan hidung yang tersumbat ini.

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dan Mampet :

1. Menghilangkan Hidung tersumbat dengan Mandi Air Hangat

Mandi memang sangat menyegarkan dan jika kita mandi menggunakan air hangat ternyata uap dari air hangat tersebut bisa melegakan hidung, jadi sempatkanlah untuk mandi air hangat ketika sedang flu.

2. Minum Air

Air adalah salah satu komponen terbesar yang ada dalam tubuh, fungsi air bagi tubuh adalah agar menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Nah, Anda mulai sekarang bisa meminum air yang hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan juga melegakan hidung yang tersumbat.

3. Mengatur Posisi Tidur agar Hidung yang Tersumbat bisa Hilang

Dulu ketika masih kecil dan hidung saya tersumbat, orang tua saya sering menyuruh untuk memiringkan kepala agar hidung yang tersumbat ini bisa hilang dengan. Pada saat akan tidur tinggikanlah kepala Anda dengan cara menopangnya dengan menggunakan bantal tambahan, sehingga lendir yang berada di dalam hidung bisa keluar dengan mudah. Cara ini juga bermanfaat mengatasi kesulitan bernafas saat anda tidur

4. Minum Minuman Jeruk yang Hangat

Buatlah minuman jeruk nipis yang hangat karena setelah saya baca ternyata ada yang mengatakan kalau air jeruk yang hangat adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan hidung yang tersumbat. Air jeruk ini bisa juga ditambahkan dengan madu, karena madu memang terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

5. Cobalah Makan Makanan yang Pedas

Saya juga membaca kalau memakan makanan yang pedas itu bisa mengatasi hidung yang tersumbat, meskipun sebenarnya cara ini tidak saya sarankan karena makanan yang pedas itu tidak baik buat tubuh. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya.

6. Menggunakan Uap Air untuk Menghilangkan Mampet

Hampir sama sih seperti pada saat madi air hangat caranya adalah dengan mengambil baskom berisi air mendidih dan kemudian  kurungi kepala Anda dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah. Cara ini bisa membuat lendir yang ada di hidung bisa keluar.

7. Minuman Teh Herbal

Cobalah untuk menyiapkan teh herbal sebagai minuman untuk Anda. Teh herbal ini berfungsi untuk mengencerkan lendir yang ada pada hidung kita

8. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Teman saya jika pingsan sering diberikan minyak kayu putih pada bagian hidungnya, karena minyak kayu putih ini memiliki aroma herbal yang khas sehingga bagus juga untuk mengatasi hidung yang mampet. Caranya dengan masukkan beberapa tetes minyak kayu putih pada baskom ataupun wadah yang berisi air hangat/mendidih kemudian hirup uap air itu selama kurang lebih 10 menit.

Tips Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dan Mampet

9. Mengonsumsi Sup Ayam

Selain rasanya yang nikmat, ternyata sup ayam juga bisa kita gunakan sebagao salah satu metode/makanan yang dapat meredakan hidung yang tersumbatt. Sup ayam ini memiliki sistein, yang berguna untuk meredakan hidung kita yang tersumbat

10. Menggunakan Larutan Garam

Gunakan Garam yang dicampurkan deng Air hangat kemudian aduklah larutan tersebut hingga garamnya larut. Kemudian kumur-kumurlah dengan menggunakan air larutan tersebut, sehingga hidung yang tersumbat bisa hilang dengan mudah.

Tips Bagaimana Cara MENGATASI HIDUNG MAMPET

11. Menggunakan Uap yang berasal dari Rempah-Rempah

Gunakan rempah-rempah yang dicampurkan dengan air panah rempah-rempah yang bisa digunakan seperti minyak eucalyptus, kunyit, dan jahe, kemudian campurkan di dalam baskom. Dekatkan wajah Anda di atas baskom sama seperti cara yang sebelumnya

12. Menggunakan Makanan yang mengandung Menthol

Peppermint mengandung mentol, nah meminum minuman yang mengandung menthol ini ternyata sangat baik bagi tubuh terutama hidung untuk menyembuhkan hidung yang mampet.

13. Hindarilah Semua Hal yang dapat menyebabkan Alergi baca

Alergi ini dapat menyebabkan masalah bagi hidung kita, apalagi saat tersumbat 

Cara Menghilangkan hidung tersumbat secara alami

Pertama-tama

Tariklah napas Anda dalam-dalam pada saat anda berdiri tegak. Hal ini bertujuan untuk kita mengidentifikasi bagaian hidung sebelah mana yang mengalami mampet.

Langkah Kedua:
Setelah itu pergilah berbaring ke tempat tidur

Langkah Ketiga:
Berbaring lah dengan gaya badan Anda yang menghadap ke kiri.
Dan kemudian tangan kiri Anda yang menyangga kepala yang melihat kekiri
Jika yang tersumbat sebelah kiri, maka lakukan gaya yang berlawanan
(Ini berguna untuk menjatuhkan ampetan )

Langkah Keempat:
Saat ampetan mulai turun sambil menjaga badan tetap menghadap kiri,
Langsung lah tidur dengan posisi yang sempurna

Perhatian:
Jangan sampai saat bola ampetan di hidung mampet di lobang kiri,makanya harus seimbang dan cepat meluruskan badan khususnya kepala,karena hidung kan nempel di muka, muka di kepala.

Ok, seperti itulah beberapa cara menghilangkan hidung mampet yang telah saya paparkan, semoga bisa bermanfaat buat Anda, dan bisa membuat hidung anda yang tersumbat dan mampet menjadi lancar kembali. Dan ingatlah agar selalu menjaga kesehatan Anda

Comments