Pengertian Satuan, Satuan tidak Baku dan Sistem Internasional

Pengertian Satuan, Satuan tidak Baku dan Sistem Internasional | Dalam ilmu fisika cukup penting kita memahami konsep satuan, satuan tidak baku dan juga tentang sistem internasional. Cobalah untuk mengukur lantai dengan menggunakan langkah kaki mu, kemudian suruh salah serang temanmu untuk mengukurnya juga dengan menggunakan langkah kakinya, kemudian bandingkan hasilnya kemungkinan besar akan berbeda, hal ini dikarenakan langkah kaki tiap orang tidak sama. Namun hasilnya akan berbda jika kau menggunakan meteran untuk mengukur lantai pasti akan didapatkan angka yang sama. Nah, satuan tidak baku adalah hasil pengukuran yang berbeda dan hanya digunakan di wilayah tertentu sedangkan satuan adalah istilah yang menunjukkan banyaknya (kuantitas) suatu besaran.

Karena sangat penting utuk menyamakan hasil pengukuran oleh tiap orang maka para ahli pada Conference Generate des Poids elMeasure (CGPM) menyeragamkan sistem satuan yang dikenal sebagai Sistem Internasional (SI). Satuan internasional ini juga kita kenal dengan sebutan lain yaitu sistem metrik, sementara sistem metrik ini terbagi atas dua yaitu CGS (centimeter, gram, second) dan MKS (meter, kilometer, second). Perhatikanlah tabel beriku

Tabel Satuan Berdasarkan Sistem Metrik

Tabel Sistem Metrik

Dalam Satuan internasionalI untuk mengubah dari satuan CGS ke dalam satuan MKS begitupun sebaliknya dari MKS ke CGS maka maka kita harus mengkonversinya caranya adalah dengan menggunakan tangga konversi Berikut iniadalah contoh tangga konversi.

Tangga Konversi Satuan

Tangga Konversi Panjang

Cara penggunaan tangga konversi:

Setiap naik satu langkah/satu tingkatan maka bilangan asal dibagi 10 dan setiap turun satu langkah setiap bilangan asal dikali 10.
Contohnya:

500 mm = …… dm ?
Angka 500 kita bagi 100 karena dari mm ke dm naik dua langkah.
Jadi, 500 mm = 500/100 dm =  5 dm.

Tangga konversi ini sangat bermanfaat untuk kita dalam menyelesaikan soal-soal fisika karena kebanyakan soal membuat pengecoh dengan satuan yang berbeda. Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel