Tuesday 24 June 2014

Pengukuran Perhitungan dengan Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup

Pengukuran Perhitungan dengan Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup | Alat-alat yang biasa digunakan dalam percobaan fisika misalnya di praktikum fisika dasar adalah alat-alat untuk mengukur seperti misalnya Mistar, Jangka Sorong dan juga mikrometer sekrup, alat ini biasa digunakan untuk mengukur panjang ataupun ketebalan suatu benda dengan ketelitian yang cukup akurat, sehingga hasil percobaan yang diinginkan bisa berjalan dengan baik. Banyak juga orang yang belum tahu bagaimana cara menggunakan alat-alat ini oleh karena itu akan saya jelaskan cara perhitungan untuk tiap alat tersebut.

Pengukuran Perhitungan dengan Mistar, Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup

1. Mistar

Mistar adalah alat ukur panjang yang mempunyai ketelitian setengah dari skala terkecil. Pada skala centimeter, 1 cm dibagi menjadi 10 skala, sehingga 1 skala panjangnya 0,1 cm atau 1 mm. Sehingga ketelitian mistar adalah 0,5 mm. Umumnya mistar yang biasa kita gunakan panjangnya sampai 30 cm
Contoh Pengukuran dengan Mistar:

Perhitungan Mistar

2. Jangka Sorong

Perhatikan gambar bagan jangka sorong dibawah ini

Perhitungan Jangka Sorong (a)= bagian-bagian jangka sorong
(b) = penunjukkan skala jangka sorong.

Perhitungan Jangka Sorong

Pada gambar di atas skala utama (Sku) adalah sebanyak 62 skala. Skala nonius (Skn) 4 skala.
Panjang benda =
= Skala Utama . 1 mm + Skala Nonius. 0,1 mm
= 62 . 1 mm + 4 . 0,1
= 62 mm + 0,4 mm
= 62,4 mm

3. Mikrometer Sekrup
Perhitungan Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup mempunyai skala utama dan juga skala nonius sama seperti jangka sorong. Bila selubung luar mikrometer sekrup diputar satu kali, rahang geser dan selubung luar maju atau mundur 0,5 mm. Karena selubung luar memiliki 50 skala,maka skala nonius memiliki panjang 0,5/50 = 0,01 mm. Jadi 1 skala utama (sku) mikrometer = 0,5 mm dan 1 skala nonius (skn) mikrometer sekrup = 0,01 mm.
Gambar Mikrometer Sekrup di atas terlihat bahwa penunjukkan Skala Utama = 9, dan  Skala Nonius = 43
Panjang benda  =
= (sku . 0,5 + skn . 0,01) mm.
= (9 . 0,5 + 43 . 0,01) mm
= (4,5 + 0,43) mm
= 4,93 mm

Semoga perhitungan mengenai alat-alat ukur mistar, jangka sorong dan juga mikrometer sekrup dapat membuat anda menjadi lebih paham untuk menggunakan alat-alat tersebut.

Comments