Tuesday 8 July 2014

Rumus Fisika Kalor

Rumus Fisika Kalor | Kalor adalah satu bentuk energi yang dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda  bersuhu rendah jika kedua benda tersebut saling disentuhkan. Ingat bahwa kalor juga merupakan suatu bentuk energi,oleh karena itu satuan kalor dalam S.I (satuan international) adalah Joule (J) dan dalam CGS adalah erg.

Joule ke ergKalor dapat diberikan kepada benda lain atau diambil darinya dengan cara pemanasan dan sebagai salah satu dampak adalah kenaikan suhunya cara lain adalah pendinginan dan sebagai salah satu dampak adalah penurunan suhu. Jadi, salah satu dampak dari pemberian atau pengurangan kalor adalah perubahan suhu yang diberi lambang Δt

Rumus Fisika Kalor

Konsep kalor jenis  diberi lambang “c”. Kalor jenis suatu zat didefinisikan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan atau dilepaskan untuk menaikkan atau menurunkan suhu satu satuan massa zat. Jika suatu zat yang massanya m memerlukan atau melepaskan kalor sebesar Q untuk mengubah suhunya sebesar ΔT, maka kalor jenis zat itu dapat dinyatakan dengan persamaan:

Persamaan kalor jenis zat

Keterangan satuan dalam S.I:
c dalam J/Kg . K
Q dalam joule
m dalam Kg
ΔT dalam Kelvin

Dari persamaan Q = m . c . ΔT, untuk benda-benda tertentu nilai dari m . c adalah konstan. Nilai dari m . c disebut juga dengan kapasitas kalor yang diberi lambang "C" (huruf kapital). Kapasitas kalor didefinisikan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan atau dilepaskan untuk mengubah suhu benda sebesar satu satuan suhu.

Persamaan kapasitas kalor

Kapasitas kalor

Satuan dari C adalah J/K
Dari persamaan: Q = m . c . ΔT  dan Q = C . ΔT diperoleh: C = m . c

Comments