Thursday 24 July 2014

Tabel Nilai pH Perubahan Warna pada Kertas Indikator

Tabel Nilai pH berdasarkan Perubahan Warna pada Kertas Indikator – Pernahkah anda melakukan percobaan kimia di sekolah atau universitas, khususnya percobaan kimia, nah pada percobaan tersebut anda pasti pernah menggunakan kertas indikator yang digunakan untuk menentukan pH suatu larutan.

Kertas indikator mempunyai empat garis yang warnanya adalah kuning, hijau, jingga dan jingga kecoklatan. Keempat garis warna tersebut akan mengalami perubahan warna jika kertas indikator dicelupkan pada larutan tertentu.

Perubahan warna yang terjadi pada garis warna kertas indikator universal dicocokkan dengan tabel berikut ini untuk menentukan nilai pH suatu larutan

Tabel Nilai pH berdasarkan Perubahan Warna pada Kertas Indikator

Tabel indikator PH universal Tabel

Contohnya: Kertas indikator dicelupkan ke dalam suatu larutan sehingga garis warnanya berubah menjadi (dari bawah) kuning, biru, jingga, jingga.

Kemudian jika kita cocokkan dengan tabel perubahan warna pada garis warna kertas indikator universal, maka diperoleh nilai pH larutan tersebut adalah 10

Dengan menggunakan kertas indikator universal kita dapat menentukan sifat dari suatu larutan apakah bersifat asam, basa, atau netral.

Namun pada umumnya anda dapat melihat contoh warna untuk setiap warna pH yang ada di dalam kotak kertas universal, biasanya ada di bagian dalam, sehingga dapat kita tentukan dengan mudah.

Comments