Wednesday 13 August 2014

Alat Ukur Waktu

Alat Ukur Waktu – Satuan dalam Fisika memiliki memiliki standar pengukurannya tersendiri dan juga alat ukurnya tersendiri, seperti misalnya untuk mengukur panjang kita biasa menggunakan meteran atau menggunakan mistar. Salah satu besaran pokok yaitu waktu memiliki alat ukurnya tersendiri. Standar waktu yang telah dikenal adalah sekon, menit, dan jam. Dalam satuan SI (standar internasional), standar waktu adalah sekon disingkat s. Hubungan antara ketiga besaran tersebut adalah 1 jam = 60 menit = 3.600 sekon.

Alat Ukur Waktu

Alat ukur waktu dalam kehidupan sehari-hari adalah jam tangan (arloji), jam dinding, dan jam weker. Pada setiap jenis jam, biasanya dilengkapi dengan jarum sekon, jarum menit, dan jarum jam. Jam terdiri atas jam digital dan jam analog, yang dapat digunakan untuk mengukur waktu setiap saat.

Di dalam laboratorium, ketika akan melakukan percobaan maka alat pengukur waktu yang digunakan adalah stopwatch yang terdiri atas stopwatchdigital dan stopwatch analog.

Stopwatch Sumber gambar : (www.ledametrix.com, jamesburnsdesign.com, dan www.porkboard.org)

Gambar Stopwatch
a. stopwatchdigital,
b. stopwatch satu tombol, dan
c. stopwatch tiga tombol.

Kemudian stopwatch yang paling banyak digunakan di laboratorium dalah  stopwatch  analog yang bekerjanya menggunakan per spiral. Jadi, untuk menggunakan stopwatch ini per harus dikencangkan dengan cara memutar bagian pemutarnya. Penggunaannya ukup mudah ada tombol play, tombol berhenti dan reset kembali ke awal.

Sekian informasi mengenai alat-alat ukur yaitu Alat Ukur Waktu semoga bisa bermanfaat.

Comments