Monday 11 August 2014

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dengan Benar

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup dengan Benar – Mikrometer sekrup memiliki ketelitian yang sangat tinggi untuk digunakan mengukur benda-benda tertentu, selain itu fungsi mikrometer sekrup ini cukup banyak.

Di SMA anda mungkin sudah diperkenalkan dengan alat-alat ukur seperti jangka sorong ataupun mikrometer sekrup.

Secara spesifik penggunaanya bisa kita lekukan dengan teliti di Universitas,jika anda mengambil jurusan fisika maka anda akan dihadapkan pada persoalan praktikum dengan enggunakan alat ukur. Jika anda masih belum tahu cara memakai jangka sorong maka perhatikan cara-cara berikut ini.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Pertama-tama ambillah mikrometer sekrup dan peganglah mikrometer sekrup dengan tangan kananmu. Kemudian usahakan agar skala pada posisi pengukuran dapat terlihat jelas. Bingkai mikrometer sekrup ditahan dengan telapak tangan dan jari kelingking sedangkan jari tengah menahan bingkai bagian bawah selubung pengukur. Ibu jari dan telunjuk tangan kanan memutar selubung pengukur dan gigi geser. Lebih jelasnya perhatikan kedua gambar dibawah ini.

Menggunakan Mikrometer Sekrup 1

 Menggunakan Mikrometer Sekrup 2 Gambar penggunaan mikrometer sekrup (sumber:www.gcseinengineering.com)

Kemudian benda yang akan diukur dipegang dengan menggunakan tangan kiri.

Pada saat memutar selubung, pengukur kunci harus dalam keadaan terbuka. Ibu jari dan telunjuk tangan kanan memutar selubung pengukur dengan cara memutar gigi geser. Pemutaran harus dihentikan ketika terdengar suara "klik". Hal ini dimaksudkan untuk menjaga mikrometer sekrup agar tidak rusak.

Perhatikan contoh penggunaan mikrometer sekrup berikut ini untuk mengukur ketebalan kertas

1. Buka pengunci mikrometer sekrup sehingga selubung dapat bergerak.
2. Kemudian letakkan kertas yang ingin diukur di antara rahang.
3. Kemudian putar gigi geser pada selubung pemutar sampai terdengar suara "klik".
4. Hentikan pemutaran, lalu kunci kembali mikrometer sekrup agar skala tidak berubah.
5. Baca skala utama apakah menunjukkan satuan atau tengahan satuan.
6. Baca skala nonius yang tepat segaris dengan skala utama.
7. Hitung hasil pengukuran dengan cara menjumlahkan skala utama dengan skala nonius, kemudian jumlahkan atau kurangi dengan ketelitian mikrometer sekrup.

Itulah tadi cara menggunakan mikrometer sekrup semoga info ini membantu anda untuk mengukur benda-benda tertentu. Sekian Garda Pengetahuan

Comments