Sunday 17 August 2014

Fase - Fase Perkembangan ZIGOT pada Hewan

Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan – Seperti pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, hewan tentu saja juga mengalaminya, pertumbuhan pada hewan merupakan hasil proses pembelahan mitosis sel-sel tubuh, sehingga menyebabkan sel membesar dan menjadi panjang.
Sedangkan perkembangan pada hewan adalah diferensiasi sel yang mengalami pembelahan menuju individu dewasa. Pada pertumbuhan hewan sering disebut juga perkembangan, yaitu perkembangan dari zigot sampai dewasa. Pertumbuhan dimulai dengan peleburan ovum (sel telur) dengan spermatozoa (sel sperma), dan dihasilkan zigot. Zigot akan bermitosis terus-menerus
Tahap-tahap perkembangan zigot pada hewan adalah sebagai berikut:

Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan

1. Stadium Morula

Pada perkembangan awal, zigot membelah menjadi 2, kemudian 4, 8, dan seterusnya membentuk suatu wujud seperti buah murbei yang disebut morula.
Morula mengandung banyak sel hasil mitosis yang kemudian berkumpul menjadi satu kesatuan.
Morula Gambar morula (sumber:encarta 2005)

2. Stadium Blastula

Setelah dari morula menjadi blastula. Dalam tahap ini masih berlangsung proses pembelahan sel sehingga kemudian terbentuk suatu rongga pada bagian tengah yang disebut blastosol.
Blastula Gambar blastula (sumber:encarta 2005)

3. Stadium Gastrula

Dari blastula menjadi gastrula. Pada tahap ini terjadi pembentukan lubang lekukan (blastopor) yang mempunyai dua lapisan. Kemudian, sel-sel bagian permukaan lapisan ektoderm akan mengalami pelekukan ke dalam (invaginasi). Sel-sel tersebut akan mengisi ruang antara ektoderm dan endoderm yang kemudian membentuk lapisan mesoderm.
Grastula Gambar grastula (sumber:encarta 2005)

4. Organogenesis atau Pembentukan Organ

Di tahap ini akan terjadi diferensiasi yaitu perkembangan sel-sel membentuk struktur dan fungsi khusus dari:
1) Ektoderm menjadi kulit, sistem saraf, hidung (alat-alat indra), anus, kelenjar-kelenjar kulit, dan mulut.
2)  Mesoderm menjadi tulang, otot, ginjal, jantung, pembuluh darah, dan alat kelamin.
3)  Endoderm menjadi kelenjar-kelenjar yang mempunyai hubungan dengan alat pencernaan, paru-paru, dan alatalat pencernaan.
Fase perkembangan zigot pada hewan Fase perkembangan zigot pada hewan (sumber encarta 2005)
Setelah organogenesis selesai, selanjutnya penyempurnaan embrio menjadi fetus yang telah siap dilahirkan (hewan tingkat tinggi).
Inilah informasi BIOLOGI mengenai Fase - Fase Perkembangan Zigot pada Hewan semoga bisa bermanfaat buat anda memahami materi biologi ini. Garda Pengetahuan
Comments