Saturday 16 January 2016

Pengertian Persentase dan Cara-Cara Menghitung Persen

Pengertian Persentase dan Cara-Cara Menghitung Persen – Kalau kita berbicara tentang ilmu matematika maka kita akan menemukan salah satu materi yang menarik untuk kita pahami karena akan berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, selain penting juga bermanfaat, materi tersebut adalah Persentase, nah sebelum kita belajar tentang cara menghitung persen sebelumnya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan persentase.

Pengertian Persentase dan Cara-Cara Menghitung Persen

A. Persentase Adalah

Persen atau dalam bahasa Inggris “percent” berarti per seratus. Persentase adalah suatu angka yang dinyatakan dalam bentuk pecahan perseratus. Persentase dinyatakan dalam satuan persen yang biasa ditulis dengan lambang satuan “%”. Setiap bilangan atau angka dapat dinyatakan sebagai perbandingan dengan angka 1. Angka 0,6 jika dinyatakan sebagai perbandingan, maka nilainya dapat ditulis sebagai 0,6/1. Jika angka 0,6 dinyatakan dalam bentuk pecahan per seratus maka nilainya 60 %. 60 persen artinya 60 perseratus yang nilainya sama dengan 60/100 = 0,6.

Pengertian Persentase dan Cara-Cara Menghitung Persen

B. Cara Menghitung Persen

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini:
1. Ketahui nilai pecahan atau nilai perbandingan suatu bilangan
2. Kalikan bilangan tersebut dengan angka 100%

Contoh:

*Kita akan menghitung persentase angka 17 dibandingkan dengan angka 25, maka:
• Langkah 1:  Tulis bentuk pecahan atau bentuk perbandingan dari angka 17 terhadap angka 25, yaitu 17/25.
• Langkah 2: Kalikan 17/25 dengan angka 100%. Maka nilai persentasenya (17/25)x100 % = 68 %.

Bagaimana? bisa dipaham kan? mudah-mudahan info mengenai Pengertian Persentase dan Cara-Cara Menghitung Persen ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan soal-soal matematika tentang persen.

Comments