Tuesday 19 April 2016

Hormon Auksin yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Hormon Auksin yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan - Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ternyata di pengaruhi oleh hormon auksin, yang disebut dengan faktor Intersel. Nah bagaimana hormon auksin bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan? simak pembahasannya di bawah ini:

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hormon Auksin yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan


Pengertian Hormon Auksin


Hormon auksin pertama kali ditemukan oleh Went yang terdapat pada ujung koleoptil kecambah gandum (Avena sativa). Pada penelitian Went lebih lanjut, ternyata diketahui hormon auksin juga ditemukan pada ujung koleoptil kecambah tanaman yang lain.

Apakah Hornon Auksin Itu?


Hormon auksin merupakan senyawa kimiaIndol Asetic Acid (IAA) dihasilkan dari sekresi pada titik tumbuh yang terletak pada ujung tunas (terdiri atas batang dan daun), ujung akar, daun muda, bunga, buah, dan kambium. 

Jika hormon auksin berada di ujung tunas, maka akan diangkut oleh jaringan berkas pembuluh (xilem dan floem) menuju ke tunas untuk tumbuh dan pemanjangan sel-sel jaringan batangnya.

Di Bagian Mana Hormon Auksin Dibuat ?


Hormon auksin diproduksi di bagian koleoptil ujung tunas lalu diangkut oleh jaringan pembuluh angkut menuju tunas, selanjutnya tunas akan tumbuh menjadi tunas bagian akar, batang, dan daun. Pada tunas batang, auksin akan berkumpul di bawah permukaan batang yang menyebabkan sel-sel jaringan di bawah permukaan batang tersebut akan tumbuh lebih cepat dari sel-sel jaringan di atas permukaan batang.


Fungsi Hormon Auksin ?


Hormon auksin selain berfungsi merangsang perpanjangan sel-sel batang dan menghambat perpanjangan sel-sel akar, juga berfungsi merangsang pertumbuhan akar samping (lateral) dan akar serabut yang berfungsi sebagai penyerapan air dan mineral, mempercepat aktivitas pembelahan sel-sel titik tumbuh kambium akar dan batang, menyebabkan terjadinya diferensiasi sel menjadi jaringan berkas angkut xilem, dan merangsang terjadinya pembentukan bunga dan buah.
Pertumbuhan ujung akar dan ujungbatang.


Semoga bisa bermanfaat yah Hormon Auksin yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan ilmu biologi ini.

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Comments