Friday 15 April 2016

Tipe - Tipe pada Tulang Rawan Makhluk Hidup

Tipe - Tipe pada Tulang Rawan Makhluk Hidup - Pada makhluk hidup khususnya vertebrata atau makhluk hidup bertulang belakang erdapat namanya tulang. Salah satu jenis tulang tersebut adalah tulang rawan dan tulang rawan ini memiliki tipe yang disebut tipe-tipe tulang rawan makhluk hidup.

Ilmu yang memelajari ini adalah ilmu BIOLOGI.

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِي  

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَ

Tulang rawan bersifat lentur, tersusun atas sel-sel tulang rawan (kondrosit) yang mensekresikan matriks (kondrin)berupa hialin atau kolagen. 

Pada  tulang rawan banyak mengandung zat perekat berupa kolagen dan sedikit mengandung zat kapur. Itulah sebabnya tulang rawan bersifat lentur. 

Sel-sel tulang rawan atau kondrosit dibentuk oleh kondroblas. Pada masa bayi atau masa pertumbuhan sebagian besar tulang masih  berupa tulang rawan. Seiring dengan pertumbuhan bayi dan pertambahan  usia, tulang-tulang rawan mengalami penulangan (osiſkasi) sehingga tulang  tidak lentur lagi, melainkan tumbuh menjadi keras. Akan tetapi, tidak  semua mengalami penulangan dan tetap berupa tulang rawan. 

Misalnya,  pada bagian persendian, daun telinga, cuping hidung, dan ruas-ruas tulang belakang.

Tipe - Tipe Tulang Rawan Makhluk Hidup

A. Tipe - Tipe Tulang Rawan Tulang rawan hialin

Tulang rawan hialin bersifat lentur, semi transparan, dan berwarna putih kebiruan. Tulang rawan ini merupakan penyusun rangka embrio yang akan berkembang menjadi tulang keras. Selain pada embrio, tulang rawan hialin juga terdapat pada sendi gerak ujung tulang rusuk, hidung, bronki, dan trakea.

B. Tipe - Tipe Tulang Rawan Tulang rawan ſbrosa

Tulang rawan ſbrosa memiliki banyak serabut kolagen dalam matriks. Matriksnya berwarna keruh dan gelap, serta kuat dan kaku. Tulang rawan  ſbrosa terdapat pada tendon dan ligamen.

C. Tipe - Tipe Tulang Rawan  Tulang rawan elastis

Tulang rawan elastis berwarna kekuningan. Matriksnya mengandung serabut elastis. Tulang rawan elastis terdapat pada daun telinga.

Lebih jelasnya simak deh gambar dibawah ini:
Macam-macam tulang rawan (a) hialin, (b) ¿brosa, (c) elastis

Nah itu dia Tipe - Tipe pada Tulang Rawan Makhluk Hidup semoga bisa bermanfaat yah calon saintis.

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Comments