Monday 10 April 2017

Fungsi Rongga Hidung pada Manusia

Fungsi Rongga Hidung pada Manusia - Udara, terutama oksigen masuk ke dalam tubuh melalui alat-alat pernapasan yang terdiri atas rongga hidung, trakea, bronkus, dan alat paru-paru. Mari cermati fungsi rongga hidung berikut ini yang telah Garda Pengetahuan rangkum dari ilmu Biologi

Fungsi Rongga Hidung pada Manusia

Rongga hidung  

Hidung merupakan alat pernapasan paling atas dan paling awal tempat masuknya udara. Selain sebagai alat pernapasan, hidung juga berperan sebagai indera penciuman. Rongga hidung dibatasi septumnasi sehingga hidung memiliki dua lubang. Di dalam rongga hidung dilapisi selaput lendir (mukosa) dan banyak ditumbuhi rambut-rambut halus sehingga udara yang masuk ke hidung sebelum masuk trakea disaring terlebih dahulu dan mengeluarkan partikel-partikel yang tersaring. Jadi, hidung (rongga hidung) memiliki fungsi, yaitu:

a. menyaring udara yang masuk hidung;
b. menghangatkan udara sehingga udara dari luar akan sama suhunya dengan tubuh; dan
c. melembapkan udara.  
Fungsi Rongga Hidung pada Manusia
Gambar Bagian-Bagian dari Rongga Pernapasan Manusia

Setelah udara masuk hidung dan meninggalkan rongga hidung, udara masuk melalui faring dan laring. Faring adalah saluran lanjutan hidung yang terletak di bagian belakang rongga hidung. Laring atau pangkal tenggorokan (trakea) terjalin atas tulang rawan. Pada laring terdapat pita suara yang bergetar jika udara masuk. Glotis merupakan lubang yang menghubungkan faring dan trakea. 

Sedangkan, epiglotis adalah suatu katup yang memisahkan saluran pernapasan dan saluran makanan. Epiglotis akan selalu mencegah makanan masuk ke saluran pernapasan.  

Semoga tulisan mengenai Fungsi Rongga Hidung pada Manusia ini bisa bermanfaat yah.
Comments