Thursday 27 April 2017

Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia

Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia  -  Kebugaran jasmani adalah keadaan atau kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas atau tugas-tugasnya sehari-hari dengan mudah tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya untuk keperluankeperluan lainnya. 

Komponen atau faktor kebugaran jasmani dan komponen kesegaran motorik merupakan satu kesatuan utuh dari komponen kondisi fisik. Agar seseorang dapat dikategorikan kondisi fisiknya baik, maka status komponenkomponennya harus berada dalam kondisi baik pula.

Kebugaran jasmani dapat diperoleh bila seseorang latihan jasmani secara teratur sesuai kaidah yang berlaku. Dampak latihan jasmani terhadap tubuh di antaranya, meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru, memperkuat sendi dan otot, menurunkan tekanan darah, mengurangi lemak, memperbaiki bentuk tubuh, memperbaiki kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, memperlancar aliran darah, memperlancar pertukaran gas dan memperlambat proses menjadi tua.

Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia

Manfaat kebugaran jasmani adalah sebagai berikut.
a. Peningkatan dalam kemampuan sistem sirkulasi dan kerja jantung.
b. Peningkatan dalam kekuatan, kelentukan stamina, kecepatan dan lain-lain komponen kondisi fisik.
c. Ekonomi gerakan yang lebih baik pada waktu latihan.
d. Pemulihan yang lebih cepat dalam organ-organ tubuh setelah latihan.
e. Respons yang cepat dari organisme tubuh kita apabila sewaktu-waktu respons demikian diperlukan. Oleh karena itu, berbagai komponen kebugaran jasmani tersebut harus diukur. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kebugaran seseorang. 
Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia
Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia

Misalnya, pengukuran denyut nadi. Betapa pentingnya seseorang memahami kesegaran jasmaninya melalui pengukuran denyut nadi seseorang. Khusus bagi siswa, hal ini sangat penting.

Selain mendeteksi apakah siswa memiliki kelainan jantung atau tidak, kesegaran jasmani memiliki
keterkaitan erat dengan kehidupan siswa. Seorang siswa yang bugar dan sehat akan lebih mampu meraih prestasi.  

Semoga informasi mengenai Manfaat Kebugaran Jasmani bagi Manusia ini bisa bermanfaat yah. Jangan lupa untuk menjaga kebugaran jasmani anda dengan selalu berolahraga.
Comments