Pengertian Manajemen Menurut para Ahli
Pengertian Manajemen Menurut para Ahli - Dalam era globalisasi, persaingan bisnis yang semakin tajam mengharuskan kita mengubah bentuk organisasi yang cenderung berbeda dengan masa lampau. Bentuk organisasi yang modern, fleksibel, dan tangguh terhadap perubahan lingkungan merupakan bentuk organisasi yang diharapkan pada masa sekarang ini. Organisasi-organisasi tanpa manajemen akan menjadi kacau bahkan mungkin gulung tikar.
Lalu apa sih pengertian manajemen itu, terlebih lagi pengertian manajemen menurut para Ahli.
Pengertian Manajemen Menurut Ahli
A. Definisi Manajemen Menurut para Ahli
Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang definisi manajemen di antaranya :
a Menurut James S.F. Stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.b. Menurut Henry Fayol, dalam bukunya General Industrial Management, manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.c Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan tenaga manusia dengan bantuan alat lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.d Menurut Thomas H. Nelson, manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjualnya dengan menguntungkan.e Menurut Drs. Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan (pengontrolan) sumber daya manusia dan sumber daya alam (terutama sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.
Pengertian Manajemen Menurut para Ahli |
Dari beberapa definisi menurut ahli tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan lebih dahulu.
Pokok pikiran manajemen
Dengan demikian manajemen mempunyai beberapa pokok pikiran penting, yaitu:
a. berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya,
b. merupakan kerja sama sekelompok orang,
c. merupakan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan seni,
d. dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol dan konsisten serta,
e. adanya pembagian kerja secara jelas dan tegas.
a. berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya,
b. merupakan kerja sama sekelompok orang,
c. merupakan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan seni,
d. dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol dan konsisten serta,
e. adanya pembagian kerja secara jelas dan tegas.
B. Manfaat Manejemen
Pada dasarnya semua organisasi membutuhkan manajemen. Dalam organisasi modern seperti saat sekarang peranan manajemen sangat penting karena tanpa manajemen semua rencana yang telah ditetapkan tidak bisa terlaksana dengan baik. Menurut T. Hani Handoko terdapat tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan.
a Untuk mencapai tujuan. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan, baik perusahaan maupun pribadi.
b Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Tujuan yang terdapat dalam satu organisasi tidak hanya satu melainkan mencakup banyak tujuan, baik tujuan pribadi maupun kelompok. Manajemen membantu menciptakan keseimbangan di antara tujuan-tujuan tersebut.
c Untuk mencapai efisien dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sementara efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Tujuan yang terdapat dalam satu organisasi tidak hanya satu melainkan mencakup banyak tujuan, baik tujuan pribadi maupun kelompok. Manajemen membantu menciptakan keseimbangan di antara tujuan-tujuan tersebut.
c Untuk mencapai efisien dan efektivitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Sementara efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
C. Ilmu Seni dan Manajemen
Ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang telah disistematisasi dan telah dihubungkan dengan kebenaran umum meliputi fenomena, subjek, objek, atau situasi tertentu. Manajemen dapat pula dianalisis menggunakan pendekatan ilmiah, disebut juga manajemen ilmiah (scientific management) adalah manajemen yang ditandai dengan menggunakan metode ilmiah yaitu mempunyai objek pengenal, metode penelitian, disusun secara sistematis, dan bersifat objektif. Manajemen telah memenuhi syarat sebagai ilmu karena telah memenuhi persyaratan metode ilmiah.
Manajemen sebagai seni, berkaitan erat dengan suatu kemahiran dalam menerapkan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian, manajemen sebagai seni merupakan kemampuan, kemahiran serta keterampilan menerapkan prinsip-prinsip, metode serta teknik-teknik dalam menggunakan sumber daya dan dana secara efektif dan efisien dalam mencapai suatu tujuan. Selanjutnya, manajemen sebagai seni mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu (how to do) dan sebagai ilmu mengajarkan bagaimana berpikir untuk mengetahui inti (hakikat) sesuatu masalah (how to think)
Semoga tulisan mengenai Pengertian Manajemen Menurut para Ahli ini bisa bermanfaat yah.