Sunday 23 April 2017

Teknik Menggiring/Mendribel Bola Basket

Teknik Menggiring/Mendribel Bola Basket - Teknik menggiring bola merupakan dasar untuk bermain bola basket sebab teknik menggiring selalu digunakan. Menggiring bola hanya diperbolehkan dengan satu tangan saja, kanan atau kiri saja, atau kanan dan kiri bergantian. Sesuai dengan kebutuhannya jenis menggiring ada dua cara, seperti berikut:

Teknik Menggiring/Mendribel Bola Basket

a. Menggiring bola tinggi (setinggi pinggang)
Digunakan untuk kebutuhan maju cepat ke depan lurus.
b. Menggiring bola rendah (setinggi lutut)
Digunakan untuk menerobos ke daerah pertahanan lawan. Latihan men-dribel atau menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan berbagai model, seperti berikut.  

a. Teknik Dribel 1Menggiring bola basket bergerak maju, mundur, dan menyamping 
Mendribel Bola Basket
Gambar Men-drible bola basket
bergerak maju, mundur, dan menyamping
  
b. Teknik Dribel 2Menggiring bola dalam lingkaran melalui rintangan dan setiap anak didik tidak boleh bersentuhan dan dianjurkan selalu dalam lingkaran, latihan ini dilakukan secara berkelompok.  
Menggiring/Mendribel Bola Basket

c. Teknik Dribel 3Menggiring bola basket melalui rintangan (zig – zag) dalam bentuk lari berantai. Latihan ini dilakukan secara berkelompok dan adu cepat (perlombaan).  
Menggiring Bola Basket
Menggiring Bola Basket
Kesalahan yang sering terjadi dalam menggiring bola adalah bola ditepuk dengan telapak tangan, bukan lecutan dengan jari-jari. Selain itu juga sering hanya gerakan polos atau gerakan pergelangan tangan saja, tanpa diikuti gerakan lengan secara keseluruhan. Dengan demikian, pantulan bolanya tidak kuat dan sukar dikontrol. 

Oleh karena itu gerakan hendaknya dimulai dari lengan bawah, telapak tangan dan ujung jari secara berkesinambungan, serta yang terakhir adalah gerakan lecutan ujung jari secara teratur. Pada waktu bola memantul ke atas, sebaiknya bola jangan langsung dipantulkan kembali, namun hendaknaya diikuti dulu ke atas sambil mengerem.  

Nah, itulah Teknik Menggiring/Mendribel Bola Basket, semoga bisa bermanfaat yah sobat Garda Pengetahuan.



 
Comments