Wednesday 10 May 2017

Akibat-Akibat dari Perang Dunia II

Akibat-Akibat dari Perang Dunia II  - Perang Dunia II berdampak luas di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Berikut ini beberapa dampak Perang Dunia II yang berdampak langsung terhadap bidang politik, ekonomi, budaya dan sosial.

Sebelum lanjut ke tulisan mengenai akibat perang dunia II, terlebih dahulu Garda Pengetahuan memberikan penjelasan mengenai sebab terjadinya perang dunia ke 2.

Akibat-Akibat dari Perang Dunia II dan Sebab terjadinya 

A. Sebab-Sebab Perang Dunia II

Perang Dunia II terjadi pada tahun 1939 - 1945, sebagai lanjutan dari Perang Dunia I. Perang ini jauh lebih mengerikan dibandingkan dengan Perang Dunia I. Perang Dunia II wilayahnya jauh lebih luas, hampir semua negara terlibat dalam perang besar ini. Meletusnya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebab-sebab umum dan sebab-sebab khusus.

1. Sebab-Sebab Umum
Berikut ini adalah sebab-sebab umum terjadinya Perang Dunia II.
1) Adanya politik Revanche of Idea Jerman, yaitu politik balas dendam atas kekalahan pada Perang Dunia I.
2) Politik mencari kawan yang menimbulkan blok-blok antarnegara.
3) Adanya perlombaan senjata antarnegara untuk memperkuat diri.
4) Timbulnya paham yang saling bertentangan, yaitu paham fasis, liberalis, dan komunis.
5) Timbulnya perluasan wilayah (ekspansi) di bidang ekonomi, Libensraum (Jerman), Irredenta (Italia), dan Hakko I Chiu (Jepang).
6) Kegagalan LBB dalam usaha menciptakan perdamaian dunia.

2. Sebab-Sebab KhususSebab khusus Perang Dunia II adalah serangan Jerman terhadap Kota Danzig (sekarang bernama Gdanks) yang terletak di negara Polandia, di tepi Laut Baltik. Serangan Jerman terhadap kota Danzig dilakukan pada tanggal 1 September 1939 yang menggunakan taktik serangan kilat (blitzkrieg) dan kendaraan lapis baja dengan pengeboman yang efektif. Polandia tidak tinggal diam, sehingga pecahlah perang antara Jerman melawan Polandia. Pada tanggal 3 September 1939 Prancis dan Inggris membela Polandia dengan mengumumkan perang kepada Jerman, sehingga perang pun cepat menjalar di kawasan Eropa.  
Sebab-Sebab Perang Dunia II
Gambar Serangan blitzkrieg pada tanggal
1 September 1939 oleh Jerman, menargetkan
jawatan kereta api Tczew, Polandia
 
Sumber: Encarta Encyclopedia, 2006  
Baca Juga:

B. Akibat-Akibat dari Perang Dunia II 

a. Bidang Politik
1) Amerika Serikat keluar sebagai negara pemenang dan berkembang menjadi negara adikuasa.
2) Uni Soviet/Rusia berubah menjadi kekuatan raksasa super power menjadi pesaing Amerika Serikat.
3) Perebutan hegemoni antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet karena perbedaan paham yang kemudian berkembang menjadi Perang Dingin.
4) Munculnya negara-negara nasional yang besar pengaruhnya bagi perjuangan bangsa Asia - Afrika untuk memperoleh kemerdekaan.
5) Munculnya politik aliansi yang berdasarkan kepada Collective Security, sehingga timbul organisasi pakta pertahanan seperti NATO, PAKTA WARSAWA, ANZUS, SEATO, dan METO.
6) Persaingan antara AS dan Uni Soviet mengakibatkan beberapa negara terpecah seperti Korea menjadi Korea Utara dan Korea Selatan; Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur; Vietnam menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

b. Bidang Ekonomi
1) Perekonomian dunia mengalami kekacauan.
2) Amerika Serikat muncul sebagai negara kreditur.
3) Jerman dan Jepang tumbuh menjadi negara industri.

c. Bidang Sosial
Akibat banyaknya korban perang, mendorong masyarakat dunia membentuk United Nation Relief Rehabilitation Administration (UNRRA). Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh UNRRA antara lain membantu makanan bagi orang-orang yang terlantar, mengurus para pengungsi akibat perang, mendirikan rumah sakit dan balai pengobatan, serta mengerjakan kembali tanah pertanian yang rusak akibat perang.

d. Bidang Budaya
1) Ilmu pengetahuan berkembang pesat dan menghasilkan teknologi yang lebih maju.
2) Lahirnya PBB/UNO menggantikan LBB.  

Cukup sekian ilmu sejarah yang telah terjadi yang merupakan bagian dari masa lalu dunia yaitu perang dunia ke 2 dan Akibat-Akibat dari Perang Dunia II. Semoga bermanfaat yah.
Comments