Friday 5 May 2017

Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa

Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi ProtozoaKata protozoa berasal dari bahasa Yunani, yakni proto yang berarti pertama dan zoa yang berarti hewan. Protozoa merupakan protista yang mirip hewan. Kebanyakan protozoa tidak berbahaya bagi manusia, tetapi beberapa jenis bersifat patogen. Bagaimanakah ciri-ciri dan klasifikasinya?  

Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa


A. Ciri-Ciri Protozoa

Menurut Brum et al. (1994: 813), lebih dari 40.000 spesies protozoa hidup di berbagai tempat, di perairan, tanah yang lembap atau di dalam organisme lain (parasit). Protozoa merupakan organisme uniselular. Protozoa mendapatkan makanan dengan cara mengabsorpsi molekul organik, yang terjadi secara intrasel. Protozoa mampu bergerak bebas (Gambar 1). Pernapasan protozoa berlangsung secara difusi.  
Ciri-Ciri Protozoa
Sumber: Ilmu Pengetahuan Populer, 2002. 
Gambar 1Contoh hewan protozoa adalah
(a)
Paramaecium caudatum dan
(b)
Amoeba.
  

Protozoa melakukan perkembangbiakan secara aseksual dan seksual. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan cara pembentukan tunas dan pembelahan biner. Adapun secara seksual dilakukan dengan cara konjugasi.
Beberapa protozoa ada yang bersifat holozoik. Sementara yang lainnya bersifat holofitik dan saprozoik. Holo oik artinya memakan organisme yang berukuran lebih kecil daripada ukuran tubuhnya. Holofitik artinya mampu menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Adapun sapro oik artinya memakan organisme mati yang telah membusuk. Alat gerak dari protozoa terdiri atas bulu cambuk (flagela), kaki semu (pseudopodia), dan bulu getar (silia).  

B. Klasifikasi Protozoa

Baca Juga :
Menurut Campbell (1998: 524), Protozoa merupakan hewan yang terdiri atas enam phylum. Keenam phylum tersebut adalah Rhi opoda (Sarcodina), Actinopoda (Heliozoa dan Radiozoa), ForaminiferaApicomple a (Sporozoa), oomastigophora (Zooflagellata), dan Ciliophora (Ciliata). Untuk mengetahui lebih jelas mengenai keenam phylum tersebut, perhatikan uraian berikut.

6 Phylum Klasifikasi Protozoa

1) Rhi opoda (Sarcodina)Kata Rhizopoda berasal dari kata rhizo yang berarti akar dan podos yang berarti kaki. Habitat hewan ini ada di air tawar, air laut, di tempat yang basah, dan sebagian lagi bersifat parasit di dalam tubuh hewan ataupun manusia. Ciri khas Rhizopoda, yang sering disebut juga Sarcodina, adalah alat geraknya yang berupa kaki semu (pseudopodia).
Kaki semu terbentuk karena adanya aliran sitoplasma, sebagai akibat perubahan sitoplasma dari fase padat (sol) ke fase kental (gel). Gerak yang ditimbulkannya disebut gerak amoeboid. Contoh Rhizopoda adalah Amoeba proteus yang umum ditemukan di perairan tawar. Selain sebagai alat gerak, kaki semu pada Amoeba juga berfungsi menangkap makanan. Pada saat mengambil makanan, pseudopodianya akan mengelilingi makanan yang akan dimakan. Proses ini disebut fagositosis (Gambar 2).  
Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 2Fagositosis pada Amoeba.Amoeba menangkap makanannya
menggunakan pseudopodia.

Sumber: www.microscopy-uk.org
 
Makanan yang telah ditangkap akan dicerna oleh vakuola makanan. Kemudian, sisa makanan hasil pencernaan tersebut akan dikeluarkan melalui vakuola kontraktil. Selain berfungsi mengeluarkan sisa makanan, vakuola kontraktil berfungsi juga dalam mengatur kadar air di dalam tubuhnya. Contoh lain dari phylum Rhizopoda adalah Entamoeba, Arcella, dan Difflugia.  

Beberapa jenis Entamoeba merupakan penyebab berbagai penyakit. Contohnya, Entamoeba dysentriae (penyebab penyakit disentri) dan Entamoeba histolitica (penyebab penyakit amebiasis) (Gambar 3). Protista patogen tersebut ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh Protista tersebut.  
Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 3Beberapa contoh Rhizopoda, adalah
(a)
Entamoeba dan (b) Diffuglia 
Sumber: www.micrographia.com  
2) Actinopoda (Helio oa dan Radio oa)Actinopoda memiliki arti kaki yang memancar . Hal tersebut didasarkan pada keadaan pseudopodia yang tipis menyerupai jarum dalam jumlah banyak dan memancar yang disebut a opodia. Setiap a opodia terbentuk dari ikatan mikrotubulus yang kuat. Mikrotubulus tersebut ditutupi oleh lapisan tipis dari sitoplasma. Sebagian besar Actinopoda merupakan plankton. Actinopoda terdiri atas Heliozoa dan Radiozoa (Gambar 4). Kebanyakan Heliozoa (sun animal) hidup di air tawar, sedangkan Radiozoa hidup di air laut. Radiozoa memiliki kulit yang lembut, tersusun atas silika yang merupakan bahan dasar gelas. Apabila organisme tersebut mati, kulit dari organisme tersebut akan berkumpul di dasar laut. Kulit dari Radiozoa tersebut akan terakumulasi dan membentuk lumpur yang dapat memiliki ketebalan hingga beberapa meter.  
Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 4Actinopoda dibedakan menjadi
(a) Radiozoa dan (b) Heliozoa.
Sumber: www.io.uwinnipeg.ca; www.micro.magnet.fsu.edu
  
3) ForaminiferaForaminifera berasal dari kata foramen yang berarti lubang. Sebagian besar hidup di laut dengan tubuh terlindung oleh kerangka luar yang tersusun atas kalsium karbonat (CaCO3). Kerangka luar yang telah kosong dan terendam di dasar laut selama jutaan tahun akan membentuk lapisan tanah hitam yang disebut tanah globigerina (Gambar 5). Globigerina merupakan salah satu satu anggota genus Foraminifera yang paling dikenal.  

Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 5Beberapa bentuk kerangka
Foraminifera yang beraneka ragam
dapat membentuk tanah
globigerina
 
Sumber: www.microscopy-uk.org  
4) Apicomple a (Sporo oa)Seluruh anggota dari phylum ini adalah parasit di dalam organisme lain. Beberapa di antaranya menyebabkan penyakit yang serius pada manusia. Apicomple a disebut juga Sporozoa. Sporozoa adalah satusatunya anggota Protozoa yang tidak memiliki alat gerak.

Kata Kunci
• MalariaPlasmodium
Contoh Sporozoa yang terkenal adalah Plasmodium. Plasmodium dapat menyebabkan penyakit malaria. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Ada banyak jenis Plasmodium, di antaranya P. falciparum, penyebab penyakit malaria tropikana dengan masa sporulasi
(pembentukan spora aseksual) setiap 24 jam. Contoh lainnya adalah
P. vivax, penyebab penyakit malaria tertiana dengan sporulasi setiap 48 jam. Untuk mengetahui daur hidup P. vivax, perhatikanlah Gambar 6
Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 6Daur hidup Plasmodium vivax 
Sumber: Heath Biology, 1985  

Penjelasannya menurut Garda Pengetahuan.

Penyakit malaria merupakan penyakit menahun karena Plasmodium dapat berada di dalam darah inangnya selama bertahun-tahun. Pencegahan penyakit ini lebih baik dilakukan daripada melakukan pengobatan.
Plasmodium lainnya yang terkenal adalah P. malariae, penyebab penyakit malaria uartana dengan masa sporulasi setiap 72 jam. Contoh Sporozoa yang lain adalah Pneumocystis carinii dan Toxoplasma gondiiPneumocystis carinii dapat menyebabkan penyakit pneumonia (paru-paru basah) yang biasanya terjadi pada pasien AIDS tahap awal. Adapun Toxoplasma gondii dapat menyebabkan to oplasmosis pada wanita hamil. Penyakit ini membahayakan bayi yang dikandungnya.

5) oomastigophora ( ooflagelata)
Phylum Zoomastigophora dikenal juga sebagai Zooflagelata. Makhluk hidup heterotrof ini mengambil molekul organik dari lingkungannya atau mangsa melalui fagositosis (Gambar 7). Zoomastigophora bergerak menggunakan bulu cambuk atau flagela. Umumnya hidup sebagai sel soliter, tetapi ada beberapa yang hidup berkoloni. Zoomastigophora ada yang hidup bebas dan ada pula yang melakukan simbiosis dengan makhluk hidup lain. Contohnya, Trichonympha campanula yang hidup dalam usus rayap dan membantu rayap menguraikan molekul selulosa kayu. Zoomastigophora lainnya merupakan parasit yang membahayakan pada manusia dan hewan. Trypanosoma, menyebabkan penyakit tidur di Afrika yang disebarkan oleh gigitan lalat tse-tse. Trichomonas vaginalis menyebabkan penyakit kelamin (trichomoniasis) pada wanita dan penyakit saluran kelamin pada pria
 
Gambar 7 Beberapa spesies Zoomastigophora adalah
(a)
Trypanosoma brucei;(b) Giardia lamblia;
(c)
Trichomonas. 
Sumber: Biology: The Unity and Diversity of Life , 1995  
Lanjutan Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa

Sekilas BiologiMalaria merupakan penyakityang disebabkan oleh Plasmodiumdengan vektor nyamuk Anopheles. Di
Indonesia, terdapat empat jenis
Indonesia, terdapat empat jenisPlasmodium yang menyebabkan
malaria, yakni
malaria, yakni Plasmodium vivax,Plasmodium malariae, Plasmodiumovale, dan Plasmodium falciparum.
Adapun jenis parasit yang paling
banyak menyebabkan kematian
adalah
Adapun jenis parasit yang palingbanyak menyebabkan kematianadalah Plasmodium falciparum.Sumber: Republika, 13 Juli 2004  

6) Ciliophora (Ciliata)
Karakteristik dari phylum Ciliophora terlihat dari silia mereka yang digunakan untuk mencari dan mengumpulkan serta untuk bergerak. Menurut Campbell (1998: 527), kebanyakan anggota dari phylum ini hidup soliter atau hidup sendiri di perairan tawar. Selain itu, phylum Ciliophora ini hidup bebas dan jarang yang parasit di dalam organisme lain. Bentuk tubuh dari anggota phylum ini tetap karena mengandung pelikel yang tersusun atas protein. Pelikel merupakan suatu selaput keras yang
menyebabkan bentuk tubuhnya tetap.

Contoh spesies dari phylum Ciliophora adalah Paramaecium caudatumProtozoa tersebut dapat kita temukan di perairan sekitar kita, seperti di kolam maupun di sawah. Tubuh Paramaecium memiliki bentuk mirip sandal jepit. Paramaecium memiliki inti yang berukuran besar (makronukleus) dan berukuran kecil (mikronukleus). Makronukleus bertanggung jawab dalam berlangsungnya metabolisme sel. Adapun mikronukleus mengontrol perkembangbiakan sel. Selain itu, Paramaecium
juga memiliki dua jenis vakuola (kantung), yakni vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Paramaecium berkembang biak secara aseksual maupun seksual. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan cara membelah diri (perhatikanlah Gambar 8). Adapun perkembangbiakan secara seksual dilakukan melalui proses konjugasi.

Kata Kunci
• Flagela
• Makronukleus
• Mikronukleus
• Trichomoniasis
Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa
Gambar 8Perkembangbiakan secara seksual
pada
Paramaecium. 
Sumber: Campbell, 1998  
Keterangan1. Dua individu Paramaecium melakukan fusi (penyatuan). Mikronukleus luruh.
2. Luruhnya mikronukleus menyebabkan diproduksinya empat mikronukleus yang haploid.
3. Tiga mikronukleus haploid luruh dan sisanya melakukan mitosis.
4. Terjadi perkawinan, setiap
Paramaecium menukarkan mikronukleusnya.
5. Mikronukleus yang secara genetik berbeda melakukan fusi.
6. Mikronukleus melakukan pembelahan secara mitosis dan menghasilkan delapan mikronukleus
yang sama.
7. Mikronukleus yang berasal dari individu itu sendiri luruh dan pembentukan makronukleus
dimulai.
8. Individu baru terbentuk.
  

Beberapa contoh spesies phylum Ciliophora lainnya adalah Balantidium coli, Didinium, Stentor, Vorticella, dan Stylonychia (Gambar 9). DidiniumStentor, dan Vorticella mempunyai bentuk yang halus. Didinium mirip teko air bertangkai, sementara Stentor mirip terompet, dan Vorticella mirip lonceng.
Beberapa anggota Ciliophora yang hidup di perairan tawar dapat dijadikan indikator pencemaran, seperti
Paramaecium dan StentorBalantidium coli hidup parasit di dalam usus besar manusia dan dapat menyebabkan penyakit balantidiasis (gangguan perut).  
Gambar 9(a) Balantidium coli(b) Stentor(c) Vorticella(d) Stylonychia
Sumber: www.umanitoba.ca.com; www.ucmp.berkeley.edu; www.pirx.com; www.user.chollian.net
 
Oke, cukuplah penjelasan ilmu biologi mengenai Ciri-Ciri Protozoa dan Klasifikasi Protozoa, sudah cukup banyak yang kami jelaskan semoga bisa dipahami dengan baik yah.

Ini ada juga artikel biologi berjudul
Comments