Monday 1 May 2017

Isi Perjanjian Postdam 2 September 1945

Isi Perjanjian Postdam 2 September 1945 - Seperti dalam Perang Dunia I, penyelesaian Perang Dunia II dilakukan dengan penandatanganan perjanjian. Berikut ini perjanjian-perjanjiannya.  

Perjanjian Postdam


Perjanjian Postdam yang dilakukan pada tanggal 2 September 1945. Isinya ditentukan oleh Thruman (Presiden AS), Stalin (Presiden USRusia), dan Winston Churchill (Inggris). Perjanjian itu adalah perjanjian antara Sekutu dan Jerman.

Sebab Terjadinya Perjanjian Postdam


Perang dunia dua yang melibatkan banyak negara berakhir ketiak jerman mengaku kalah dan menandatangani perjanjian postdam

Sejarah panjang terjadinya perang dunia II antara Sekutu melawan Jerman merupakan hal utama yang melatar Belakangi Perjanjian Postdam.

Perang dunia II yang melibatkan banyak negara di dunia tersebut akhirnya berhenti setelah Jerman mengalami kekalahan atas Sekutu pada bulan Mei tahun 1945.

Setelah menyerah terhadap Sekutu akhirnya Jerman mengambil jalan diplomasi dalam menyelesaikan permasalahan dengan Sekutu.

Atas dasar diplomasi tersebut kedua belah pihak setuju dalam sebuah perjanjian yang sekarang dikenal dengan nama perjanjian postdam.

Konferensi postdam dilaksanakan di Jerman pada tanggal 17 bulan Juli tahun 1945 dan berakhir setelah ditandatanganinya perjanjian postdam dari kedua pihak pada tanggal 2 Agustus tahun 1945.

Isi Perjanjian Postdam 2 September 1945

Berikut ini isi Perjanjian Postdam.
1) Jerman dibagi empat daerah pendudukan, yaitu Jerman Barat diduduki oleh AS, Inggris, dan Prancis; sedang-kan Jerman Timur diduduki oleh Rusia.
2) Danziq dan daerah Jerman bagian Timur Sungai Oder dan Niesse diberikan kepada Polandia.
3) Jerman harus membayar kerugian perang kepada Sekutu.
4) Demiliterisasi bagi Jerman dan penjahat perang harus dihukum.  

Isi Perjanjian Postdam 2 September 1945
Sumber: Encarta Encyclopedia, 2006
Gambar Dari kiri: Stalin (USSR),
Thruman (Amerika Serikat), W. Churchill
(Inggris).
  

Baca Juga:

Atas dasar perjanjian tersebut banyak negara tetangga yang berharap akan terlaksananya ketertiban dan perdamaian dunia. Perlu kita ketahui bersama bahwa konferensi antara sekutu dan Jerman disebut dengan perjanjian postdam karena diadakan di Postdam wilayah Jerman. Tokoh yang hadir dalam konferensi tersebut merupakan perwakilan dari negara Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Soviet yang masing-masing mengirimkan Clement Richard Attlee, Harry S. Truman, dan J. Stalin. Meskipun dalam konferensi tersebut disepakati beberapa poin perjanjian namun ada pula beberapa poin yang tidak disepakati antara kedua belah pihak, hal tersebut yang menjadi latar belakang terjadinya perjanjian lain.

Sekilas Info Garda Pengetahuan:
Setelah Jerman menyerah, pasukan Sekutu menemukan kamp konsentrasi (penjara) yang amat menyeramkan di seluruh Eropa. Di kamp itu Nazi menahan 26 juta orang yang tidak diinginkan, termasuk jutaan orang Yahudi. Para tahanan kelaparan, disiksa, dan dibunuh di kamar gas.  
Terima kasih telah berkunjung pada artikel kami mengenai Isi Perjanjian Postdam 2 September 1945.


Comments